KURSUS BAHASA ARAB KHUSUS AKHWAT (MUSLIMAH)

akhwat onlyKemarin malam saya sempat melihat-lihat situs yang memberikan pelajaran bahasa Arab online. Saat saya mampir ke sebuah situs, saya luangkan waktu sebentar untuk membaca-baca tulisan yang ada di dalamnya. Tujuan saya ialah untuk mendapatkan pencerahan dan inspirasi. Saya berharap bisa mendapatkan tambahan ilmu untuk saya sampaikan nantinya kepada murid-murid saya di kelas maupun yang belajar bahasa Arab dengan saya lewat internet.

Saat saya sedang membaca komentar-komentar yang ada di sebuah tulisan, mata saya menangkap beberapa komentar yang berasal dari para akhwat. Isinya serupa. Kurang lebih begini:

“Mohon informasinya tempat kursus bahasa Arab khusus akhwat di daerah……………….”

Namun pengasuh situs tidak bisa memberikan informasi. Dia pun kemudian meminta bantuan para pembaca untuk memberikan informasi tentang tempat kursus bahasa Arab khusus ahwat.

Tapi sepertinya memang sulit untuk mendapatkan tempat kursus bahasa Arab yang khusus akhwat. Maksudnya, yang pelajar dan pengajarnya akhwat juga. Kalau yang mengajarkannya ikhwan sih sepertinya cukup banyak. Tapi kalau yang mengajarkannya akhwat juga saya sendiri sampai saat ini belum tahu.

Dahulu, ketika saya awal-awal belajar bahasa Arab, ada juga para akhwat yang belajar. Tempatnya tentu saja terpisah dengan para ikhwan. Namun yang mengajarkannya seorang ikhwan. Dan belajarnya itu dari balik hijab. Sehinga tentu saja tidak semaksimal belajar secara langsung tanpa hijab.

Sebenarnya memang lebih bagus jika ada akhwat yang bisa mengajarkan bahasa Arab kepada para akhwat juga. Namun, jarang ditemui seorang akhwat yang memiliki kemampuan bahasa Arab yang mumpuni. Sehingga hampir belum pernah saya jumpai (khususnya di tempat saya tinggal) seorang akhwat yang bisa memberikan pelajaran bahasa Arab kepada kawan-kawannya sesama akhwat.

Alhamdulillah sekarang ada istri saya yang bisa membantu mengajakan bahasa Arab kepada para akhwat di tempat saya tinggal. Meskipun istri saya baru sampai tahap dasar, namun cukup untuk memberikan pelajaran sebagai bekal para wanita untuk mendidik anaknya nanti dengan pengetahuan dasar bahasa Arab.

Saya berdoa semoga semakin banyak para akhwat yang tertarik untuk menekuni bahasa Arab sehingga nantinya mereka bisa saling mengajarkannya di antara sesama mereka.

Amiin ya Robbal ‘aalamiin….

 

NB.

Bagi kawan-kawan (baik IKHWAN maupun AKHWAT) yang ingin belajar bahasa Arab namun kesulitan menemukan tempat belajar atau sulit untuk mendapatkan pembimbing, saya sarankan untuk mengikuti KURSUS BAHASA JARAK JAUH yang saya dan istri saya asuh. Silakan LIHAT INFONYA DI SINI (https://pustakalaka.wordpress.com/about/).

 

Leave a Reply

