BAHASA ARAB & PANJAT PINANG (MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB)

panjat-pinangPada perlombaan panjat pinang ada pelajaran penting yang bisa kita petik untuk bekal kesuksesan belajar bahasa Arab. Coba perhatikan baik-baik.

Untuk bisa meraih hadiah yang tergantung di atas pohon pinang, harus ada kerjasama yang baik dari setiap anggota tim. Dan bentuk kerjasama yang terbaik adalah dengan meletakkan orang yang paling besar dan kuat di bagian bawah sebagai tumpuan. Sebab, jika tumpuan lemah, maka akan ambruklah orang-orang yang berdiri di atasnya. Akibatnya, mereka pun kalah dan tidak akan pernah bisa meraih hadiah yang ada di atas.

Demikian pula dengan bahasa Arab. Di artikel-artikel awal telah saya sampaikan bahwa belajar bahasa Arab itu ada tingkatan-tingkatannya. Dimulai dari tingkatan dasar. Kemudian menengah, dan seterus berlanjut hingga ke tingkat yang lebih tinggi.

Nah, dengan mengambil pelajaran dari panjat pinang tadi, jika kita ingin meraih sukses dalam belajar bahasa Arab, yaitu berupa kemampuan baca kitab gundul, kita harus kuatkan dulu tumpuan kita. Kita harus fahami baik-baik kitab-kitab yang ada di tingkat dasar.

Sebelum kita melanjutkan belajar kitab-kitab lanjutan, kita kokohkan dulu ilmu bahasa Arab dasar kita. Insya Allah, jika pemahaman tingkat dasar kita betul-betul kokoh dan mantap, kita akan dengan mudah mempelajari kitab-kitab lanjutan. Kita akan dengan mudah melangkah ke tingkatan selanjutnya. Dan pada akhirnya, kita bisa mencapai tujuan kita dalam belajar bahasa Arab.

Terkadang ada orang yang belum kokoh pemahaman bahasa Arabnya di tingkat dasar, namun dia sudah tergesa-gesa beranjak ke tingkat lanjutan. Dia pelajari kitab-kitab yang lebih tinggi pembahasannya. Akibatnya, dia merasa berat dan kesulitan. Sehingga, karena merasa berat, diapun memutuskan untuk berhenti belajar sebelum sampai ke tujuan yang dia inginkan.

Maka, jika kita ingin meraih sukses dalam belajar bahasa Arab, perkokohlah pijakan kita. Kuasai kitab-kitab dasar terlebih dahulu. Pelajari materi tingkat pemula dengan sebaik-baiknya. Baca berulang-ulang hingga benar-benar jelas. Baru setelah itu, beranjaklah naik ke tingkat berikutnya.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bish shawab.

 

Jum’at, waktu dhuha 10 Jumadil Ula 1434 H/22 Maret 2013

Muhammad Mujianto al-Batawie

(Penulis SERIAL FAHIMNA, Panduan Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: