LATIHAN MENERJEMAH (ARAB-INDONESIA)

kebahagiaanTelah dijelaskan di awal bahwa tujuan terpenting dari belajar bahasa Arab adalah untuk bekal memahami al-Qur’an dan al-Hadits. Kemudian juga, agar bisa memahami kitab-kitab ulama. Dan untuk bisa memahami semua itu tidak cukup dengan kita membaca bari-baris yang ada di setiap kata. Tapi kita juga harus bisa menerjemahkannya agar bisa difahami isinya. Sehingga agar tujuan terpenting dari belajar bahasa Arab ini tercapai kita harus bisa menerjemahkan. Membaca setiap harokat kata sekaligus menerjemahkannya.

>>> 4 Bekal Penting

Ada empat hal penting yang harus dimiliki untuk bisa menerjemahkan setiap literatur berbahasa Arab dengan baik. Berikut ini penjelasan ringkasnya:

1. Faham Kaidah Tata Bahasa Arab.

Minimal kita punya kemampuan ilmu Nahwu yang baik. Dan ilmu Shorof juga tentunya. Sehingga kita bisa membedakan kedudukan setiap kata dalam kalimat. Insya Allah, dengan menguasai ilmu Nahwu tingkat menengah (misalnya menguasai kitab Syarah Qothrun Nada atau Mulakhosh) serta telah selesai buku Kitabut Tashrif sudah cukup kiranya untuk bekal menerjemahkan kitab-kitab ringkas karya pada ulama.

 

2. Faham Kaidah Tata Bahasa Indonesia.

Jika kita telah lulus SD dan pernah mengerjakan tugas mengarang waktu di sekolah, insya Allah sudah cukup untuk bekal menerjemahkan. Tinggal diperbanyak latihan saja.

 

3. Punya Perbendaharaan Kata yang Cukup.

Tentu saja, perbendaharaan yang cukup akan sangat memudahkan proses terjemahan. Sehingga kita tidak harus bolak-balik buka kamus. Oleh karena itu, sebelum intensif melakukan penerjemahan, bagusnya kita perbanyak dulu mufrodat bahasa Arab yang kita miliki.

 

4. Faham Tema Materi yang Diterjemahkan.

Agar terjemahan tidak keliru, sebaiknya kita faham materi yang hendak kita terjemahkan. Misalnya kita hendak menerjemahkan kitab fiqih atau hadits. Maka, kita harus faham dulu istilah-istilah yang biasa digunakan dalam ilmu fiqih dan hadits. Saran saya, gunakan kitab-kitab aqidah terlebih dahulu sebagai sarana latihan. Sebab biasanya bahasanya lebih mudah.

 

>>> Sering Berlatih

Sama seperti membaca kitab, menerjemahkan kitab pun sifatnya adalah keterampilan. Sehingga butuh banyak latihan agar lancar. Semakin banyak berlatih akan semakin mahir dalam menerjemahkan. Sama seperti orang yang ingin bisa berenang dengan mahir, jika dia rajin berlatih di kolam renang, dia akan semakin hebat dalam kemampuan renangnya.

 

>>> Sarana Berlatih

Banyak sarana yang bisa kita jadikan sarana latihan. Berikut ini beberapa diantarnya:

1. Al-Qur’an dan Al-Hadits

Al-Qur’an sekarang ini sudah diterjemahkan. Kita-kitab hadits pun sudah banyak yang diterjemahkan. Sehingga bisa dijadikan sara untuk berlatih menerjemahkan.

Caranya mudah saja. Misalnya, baca satu ayat al-Qur’an. Jangan baca terjemahannya terlebih dahulu. Berusahalah untuk menerjemahkannya sendiri. Baru setelah itu cek hasilnya dengan terjemahan yang sudah ada di dalam al-Qur’an terjemahan. Untuk hadits pun caranya sama.

 2. Kitab-kitab yang Sudah Diterjemahkan

Kitab-kitab ulama pun sekarang sudah banyak yang diterjemahkan. Baik yang ringkas maupun yang tebal berjilid-jilid. Kita bisa dengan mudah mendapatinya di toko-toko buku.

Namun untuk pemula, gunakanlah kitab-kitab yang ringkas terlebih dahulu. Misalnya kitab-kitab aqidah karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

 

Mulailah, misalnya, dari kitab Al-Qowaidul Arba’ dan Al-Ushul Ats-Tsalatasah. Kedua kitab ini sangat ringkas dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Dan setahu saya, ada penerbit yang mencantumkam matan aslinya bersamaan dengan terjemahannya. Sehingga bisa kita jadikan untuk sarana berlatih.

 

Caranya sama dengan yang di atas tadi. Baca dahulu kitab aslinya yang bertuliskan Arab. Berusaha untuk terjemahkan sendiri. Setelah itu, cocokkan hasil terjemahan kita dengan hasil terjemahan dari penerjemah buku.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: