MENGHADIRI MAJELIS ILMU

anggurhijauSekarang ini banyak majelis ilmu yang membahas kitab-kitab para ulama. Kebanyakannya adalah kitab-kitab gundul. Biasanya sang ustadz di majelis membaca kitab terlebih dahulu. Kemudian beliau menerjemahkan dan menjelaskan maksudnya.

Saya sendiri merasasakan mafaat yang besar dari menghadiri majelis pengkajian kitab-kitab ulama. Saya jadi bisa mempraktikkan kaidah bahasa Arab yang sudah saya pelajari. Saya juga jadi terlatih untuk membaca dan menerjemahkan kitab.

Oleh karena itu, saya sarankan kepada Anda yang saat ini sedang belajar bahasa Arab, khususnya yang belajar secara otodidak. Cobalah ikuti majelis-majelis ilmu yang membahas kitab-kitab para ulama. Praktikkan kaidah bahasa Arab yang Anda sudah pelajari.

>>> Agar Belajar Efektif

Namun, agar belajar Anda efektif dan mendapat hasil yang maksimal, maka saya sarankan sebagai berikut:

  1. Miliki kitab yang dibahas di majelis.
  2. Baca terlebih dahulu materi yang hendak di bahas di majelis. Beri harokat sendiri terlebih dahulu dan berusahalah untuk menerjemahkannya. Gunakan kamus jika diperlukan.
  3. Saat di majelis, coba cocokkan hasil pemberian harokat dan terjemahan yang dari Anda dengan pemberian harokat dan terjemahan Ustadz di majelis.
  4. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, tanyakanlah langsung kepada Ustadz yang bersangkutan atau kepada orang-orang yang kita-kira bisa memberikan jawaban.

 

>>> Tidak Hanya di Majelis

Jika Anda merasa kesulitan untuk mendatangi mejelis ilmu secara langsung, Anda bisa mengikuti kajian kitab secara tidak langsung. Misalnya lewat radio atau lewat rekaman kajian. Alhamdulillah sarana untuk itu sekarang ini sudah dimudahkan. Untuk radio misalnya, Anda bisa mendengarkan kajian-kajian di Radio Rodja 756 am (http://radiorodja.com/live-streaming/). Untuk rekaman kajian, Anda bisa mendownloadnya di situs http://kajian.net.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bish shawab.

 

Bogor, Ahad pagi 12 Jumadil Ula 1434 H/ 24 Maret 2013

Muhammad Mujianto Al-Batawie

(Penulis SERIAL KITAB FAHIMNA, Panduan Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: