BERTANYALAH !

jeruk baliSaat belajar, tentu akan ada saja materi yang belum kita mengerti. Bahkan mungkin sangat sulit untuk dimengerti. Apalagi jika kita baru awal-awal mengenal bahasa Arab. Kesulitan itu pasti akan ada saja.

Lalu, apakah yang harus kita lakukan jika kesulitan itu datang? Apakah kita akan diam saja? Tentu tidak, bukan! Kita harus berusaha mencari soslusinya. Kita harus bertanya.

Ya, bertanya adalah obat terbaik untuk menghilangkan kebingungan. Dengan bertanya, insya Allah segala sesuatunya nanti akan menjadi jelas. Dan seorang penuntut ilmu harus memiliki kebiasaan ini. Dia harus rajin-rajin bertanya untuk mendapatkan penjelasan dari ilmu yang sedang dia pelajari.

Jika Anda menemui kesulitan saat mempelajari materi bahasa Arab, maka jangan malu-malu untuk bertanya. Segera temukan jawaban dari kesulitan Anda. Jangan dibiarkan berlarut-larut kesulitan itu bersemayam dalam diri Anda. Sebab biasanya jika kesulitan itu dibiarkan, lama kelamaan akan menjadi  penyakit yang akan melemahkan semangat Anda untuk menguasai bahasa Arab.

Banyak tempat yang bisa Anda datangi untuk bertanya. Misalnya ke pondok-pondok pesantren. Temui ustadz atau santri yang ada di sana. Biasanya mereka akan dengan senang hati menjelaskan.

Atau, di internet banyak situs-situs pembelajaran bahasa Arab. Anda bisa ajukan pertanyaan Anda lewat kolom komentar yang ada di situs itu. Atau, jika Anda mau, Anda bisa bertanya kepada saya lewat blog pribadi saya. Silakan berkunjung ke alamat http://pustakalaka.wordpress (Tapi pertanyaannya jangan yang susah-susah ya….hehehe……Insya Allah, jika saya tahu jawabannya akan segera saya jelaskan. Dan bagi Anda yang telah membeli SERIAL KITAB FAHIMNA, bisa juga mengajukan pertanyaan via telpon. Tapi dengan membuat janji terlebih dahulu via SMS agar saya siap dalam memberikan jawaban).

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bish shawab.

 

Bogor, Senin pagi 13 Jumadil Ula 1434 H/ 25 Maret 2013

Muhammad Mujianto Al-Batawie

(Penulis SERIAL KITAB FAHIMNA, Panduan Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: