MEMPERBANYAK MUFRODAT

fruitsDengan banyaknya mufrodat, seseorang akan semakin mudah membaca kitab gundul. Dengan banyaknya mufrodat, seseorang akan dengan mudah memahami literatur berbahasa Arab yang dia baca. Sehingga bisa dikatakan bahwa mufrodat memiliki peranan sangat penting dalam memperlancar seseorang meraih target yang diinginkan dalam belajar bahasa Arab, yaitu bisa baca kitab gundul sekaligus memahaminya dengan baik.

Oleh karena itu, seseorang harus menaruh  perhatian serius pada kemampuan mufrodatnya. Jika dia ingin sukses belajar bahasa Arab, maka dia harus terus memperbanyak mufrodat. Tidak boleh berhenti untuk menghafal mufrodat.

>>> Cara Menghafal Mufrodat

Ada banyak cara yang dilakukan orang dalam menghafal mufrodat. Misalnya ada yang menggunakan kartu. Jadi, mufrodat ditulis dalam sebuah kartu. Setiap kartu berisi sekitar lima mufrodat yang ingin dihafalnya. Kemudian kartu itu diletakkan di saku baju dan dibawa kemana-mana. Saat ada kesempatan, kartu itu dibuka sambil dihafal mufrodat yang ada di dalamnya.

Namun, saya lebih cocok menghafal mufrodat langsung dari sebuah kitab. Jadi mufrodat itu sudah dalam bentuk rangkaian kata dalam kalimat. Sehingga memiliki manfaat ganda. Disamping kita hafal mufrodatnya, kita juga jadi tahu contoh penerapannya dalam kalimat.

Berikut ini kitab-kitab yang bisa kita jadikan sebagai sarana untuk menghafal mufrodat:

 

1. Kitab Al-Qur’an.

Caranya, coba ambil satu ayat. Kemudian terjemahkan kata perkata dalam ayat itu. Setelah itu, baca ayat itu secara berulang-ulang. Sambil dibaca, fahami dan resapi pula maknanya.

2. Kitab Hadits.

Gunakan terlebih dahulu kitab hadts yang ringkas. Misalnya kitab hadits Al-Arba’n An-Nawawiyyah. Setelah itu berlanjut ke kitab-kitab hadits yang lebih besar. Adapun cara menghafalnya sama dengan menghafal mufrodat dalam Al-Qur’an.

3. Kutaib Karya Ulama

Untuk kutaib, pilih pula kutaib yang ringkas. Pilih yang bahasanya mudah terlebih dahulu. Cara menghafalnya sama dengan di atas.

>>> Sering Diulang

Agar hafalan tidak mudah hilang, cobalah untuk terus diulang-ulang. Baca lagi, baca lagi, dan baca lagi. Terus baca hingga benar-benar hafal. Minimal, satu kutaib kita baca tiga kali bolak-balik agar mufrodat yang ada di dalamnya terpatri kuat dalam dada kita.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bish shawab.

 

Bogor, Senin pagi 13 Jumadil Ula 1434 H/ 25 Maret 2013

Muhammad Mujianto Al-Batawie

(Penulis SERIAL KITAB FAHIMNA, Panduan Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak)

2 Responses to MEMPERBANYAK MUFRODAT

  1. Kawan saya rekemen blog nie … katanya artikel walaupun agak simple..
    tapi penuh dengan info.. tahniah..

  2. Kayaknya sekarang lebih mudah kalau mau menghafal mufrodat, sekarang kan banyak Alquran dengan terjemahan perkata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: