SAYA INGIN BISA BACA KITAB ! (Bag-1)

sukses-3Sekitar tahun 1999, saya kenal dengan seorang ikhwan yang saat itu sedang semangat-semangatnya belajar bahasa Arab. Saya dan dia tinggal satu kos. Kebetulan waktu itu, dikosan kami setiap harinya ada jadwal pelajaran bahasa Arabnya.

Kami belajar dari hari senin hingga hari Sabtu. Lamanya belajar sekitar 45 menit. Yang mengajar adalah kawan-kawan kami sendiri yang sudah lebih dulu bisa bahasa Arab.

Memang, dibanding kawan-kawannya yang lain, si ikhwan ini bisa dibilang memiliki semangat belajar bahasa Arab di atas rata-rata. Terbukti dengan kesungguhannya belajar. Dia beli segala sarana yang bisa membantunya belajar. Dia beli kamus. Dia beli banyak buku-buku panduan. Dia juga banyak koleksi kitab-kitab ulama untuk dia baca nantinya jika sudah bisa bahasa Arab.

Dia juga selalu hadir di setiap peajaran. Bahkan, meski kawan-kawannya yang lain sudah malas lagi untuk belajar, dia tetap hadir. Pernah cuma dia sendirian yang hadir. Hingga akhirnya, karena banyaknya kesibukan dari kawan-kawan yang belajar (dan yang mengajar juga karena sama-sama mahasiswa), maka pelajaran bahasa Arab berhenti di tengah jalan. Pelajaran bahasa Arab akhirnya ditiadakan lagi di rumah kos itu.

Namun semangat si ikhwan ini tak surut. Meski tidak lagi diadakan pelajaran bahasa Arab, dia memutuskan untuk belajar sendiri. Dia baca sendiri buku-buku panduan bahasa Arab. Dia banyak berlatih. Dia terus bersemangat mengumpulkan buku-buku panduan dan juga kitab.

Sekian tahun lamanya dia belajar sendiri. Dia hafalkan pola-pola kata yang ada dalam ilmu shorof. Dia latihan meng-i’rob kata sendiri. Dan dia latihan baca kitab sendiri. Dalam hati dia berkata, “Saya ingin bisa baca kitab gundul!”.

Bersambung………Karena sudah mau masuk waktu Subuh…. Insya Allah nanti dilanjutkan lagi nulisnya pulang ngajar ya……🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: