BELAJAR BAHASA ARAB DARI PARA ATLIT DUNIA

jambu kancingDari kehidupan para atlit terkenal, kita bisa ambil pelajaran berharga untuk membantu kelancaran kita belajar bahasa Arab.

Coba perhatikan kehidupan mereka sehari-hari. Apa kira-kira yang bisa membuat mereka bisa menjadi ahli di bidangnya masing-masing? Kenapa –misalnya- Taufiq Hidayat bisa menjadi juara bulu tangkis tingkat dunia? Kenapa juga Zidane bisa menjadi pemain sepakbola terbaik dunia? Apa yang telah membuat mereka sukses?

Kalau kita perhatikan kehidupan mereka sehari-hari, mereka bisa sukses dibidang yang mereka geluti karena mereka adalah orang-orang yang mau bekerja keras. Mereka tidak henti-hentinya berlatih. Mereka adalah orang-orang yang gigih berlatih.

Bisa jadi mereka setiap hari melakukan latihan. Dan waktunya tentu saja tidak cuma sejam dua jam. Bahkan bisa sampai berjam-jam. Mereka lakukan latihan selama bertahun-tahun lamanya. Hingga akhirnya, mereka bisa sukes menjadi atlit kelas dunia.

Nah, kita pun seharusnya begitu. Jika kita ingin sukses menguasai bahasa Arab, kita pun harus tekun berlatih. Jangan pernah bosan berlatih. Teruslah berlatih. Tiap hari, buatlah jadwal latihan rutin.

  • Kita baca buku-buku Nahwu. Kita fahami isinya. Kita kerjakan soal-soal latihannya. Setelah selesai satu buku, kita baca lagi dari awal hingga isinya benar-benar melekat kuat di dalam dada kita.
  • Kita baca juga buku Shorof. Kita hafalkan pola-pola pembentukan kata yang ada di dalamnya. Kita baca secara berulang-ulang hingga benar-benar fasih dalam mengucapkannya. Terus kita hafal. Tiada hari tanpa menghafal. Latihannya pun kita kerjakan.
  • Kita baca pula Al-Qur’an, hadits, dan kutaib para ulama. Kita baca isinya. Kita fahami kalimat demi kalimat. Kita terjemahkan. Kemudian kita i’rob kata demi kata. Jika menemui kesulitan, kita konsultasikan kepada orang yang bisa.

Intinya, para atlit sukses tidak akan pernah berhenti dari berlatih. Dan kita pun bisa sukses dalam belajar bahasa Arab, jika kita tak pernah berhenti dalam berlatih. Kita semangat untuk terus berlatih.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bish shawab.

Selamat berlatih!

Bogor, Waktu Dhuha 18 Jumadal Ula 1434 H/ 30 Maret 2013 M

Muhammad Mujianto Al-Batawie

(Penulis SERIAL KITAB FAHIMNA, Panduan Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: