MEMBUAT CERPEN & PERCAKAPAN (BAHASA ARAB) DALAM 3 HARI ATAU KURANG

kapan terakhir baca al-qur'anMinimal, ada 2 TARGET UTAMA dari mempelajari KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA. Pertama, bisa membuat CERITA PENDEK (CERPEN) dalam bahasa Arab. Kemudian yang kedua, bisa membuat PERCAKAPAN (SOAL-JAWAB) SEDERHANA dalam bahasa Arab.

Namun tentu saja, karena masih TINGKATAN PEMULA (Baru mengenal bahasa Arab), maka CERPEN & PERCAKAPAN yang dibuat nantinya sifatnya masih sederhana. Masih tingkat dasar. Tujuannya ialah untuk memberi PEMAHAMAN DASAR tentang kaidah bahasa Arab (Nahwu-Shorof), sekaligus sebagai BEKAL untuk belajar materi TINGKAT SELANJUTNYA.

>>> 4 BAGIAN

Untuk bisa meraih target yang diharapkan, maka KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA saya bagi menjadi 4 BAGIAN:

  • BAG 1: KOSA KATA SEHARI-HARI
  • BAG 2: ILMU NAHWU
  • BAG 3: ILMU SHOROF
  • BAG 4: PERCAKAPAN SEHARI-HARI

DAFTAR ISI secara detail bisa dilihat DI SINI.

Pada BAGIAN 1 saya berikan beberapa kosa kata yang sering dipakai sehari-hari. Kosa kata ini nantinya akan berguna sebagai bekal MEMBUAT CERPEN dan PERCAKAPAN. Pada BAGIAN 2 saya sajika ILMU NAHWU sebagai bekal untuk menyusun kata menjadi kalimat sempurna sekaligus panduan singkat dalam memberi harokat akhir kata sesuai kedudukannya dalam kalimat. BAGIAN 3 akan dibahas tentang PEMBENTUKAN KATA. Di situ diajarkan cara mengubah KATA KERJA menjadi beberapa bentuk sesuai WAKTU dan PELAKUNYA. Kemudian BAGIAN4 akan diajarkan cara membuat percakapan sehari-hari.

>>> Cukup SEHARI

Bagi Anda yang diberi karunia otak yang cerdas (cepat menangkap pelajaran dan menghafalnya), insya Allah dalam waktu sehari bisa menyelesaikan semua pelajaran dalam KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA. Tapi belajarnya harus intensif. Minimal 8 JAM SEHARI. Dimulai dari pagi hari (sekitar 5 JAM), kemudian siang & sore hari (sekitar 3 JAM). Lebih bagus lagi jika ditambah beberapa jam di malam hari. Jadi belajarnya seperti dibuat DAUROH (Biasanya dalam DAUROH BAHASA ARAB belajarnya sekitar 6-7 jam sehari).

Namun, bagi yang kualitas otaknya biasa-biasa saja, bisa menyelesaikan KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA selama 2-3 hari. Cara belajarnya sama seperti yang sudah saya sebutkan barusan, yaitu dibuat layaknya sebuah DAUROH BAHASA ARAB. Anda bisa belajar sekaligus 3 HARI (Jika memang tidak ada kegiatan lain) atau mempelajarinya setiap minggu sekali. Jadi setiap hari libur Anda gunakan untuk full belajar bahasa Arab.

>>> Bertanyalah !

Daya tangkap setiap orang tentu berbeda-beda. Ada PESERTA PELATIHAN BAHASA ARAB yang bisa memahami sendiri KITAB FAHIMNA tanpa harus saya jelaskan. Namun, ada juga yang sering SMS mengajukan pertanyaan.

Jika, Anda masih belum mengerti penjelasan di KITAB FAHIMNA, maka silakan ajukan pertanyaan. Anda bisa bertanya lewat SMS atau telpon langsung (Namun telebih dahulu membuat janji lewat SMS). Atau, anda bisa juga konsultasi lewat fasilitas yang ada di internet, seperti blog, fesbuk, email, dll.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

Bogor, Pagi Hari 20 Jumadal Ula 1434 H/1 Maret 2013 M

Muhammad Mujianto Al-Batawie

(Penulis SERIAL KITAB FAHIMNA, Panduan Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak)

COVER NAHWU SHOROF PEMULA

INGIN BELI KITAB INI ? KLIK DI SINI!

One Response to MEMBUAT CERPEN & PERCAKAPAN (BAHASA ARAB) DALAM 3 HARI ATAU KURANG

  1. ludro says:

    assalaamu’alaikum..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: