AGAR IBADAH KITA TERLIHAT INDAH

KEBON4

Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan kita ke dunia ini ialah untuk beribadah kepada-Nya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman (yang artinya):

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku”. (QS. Adz-Dzaariyaat [51]: 56).

 Kelak, ibadah yang kita lakukan itu akan kita serahkan kepada Allah Subahanhu wa Ta’ala untuk diperiksa. Lalu, ibadah seperti apakah yang akan kita serahkan nanti? Apakah ibadah yang asal-asalan saja kita lakukan? Atau ibadah yang indah dan sempurna?

Tentu, kita semua berkeinginan agar ibadah yang indahlah yang kelak kita persembahkan ke hadapan Allah Subahanhu wa Ta’ala. Mudah-mudahan Allah Subahanahu wa Ta’ala berkenan untuk menerima amalan ibadah kita itu.

Nah, jika memang demikian yang kita inginkan, maka usaha apa yang sudah kita lakukan agar ibadah kita itu menjadi indah dan sempurna?

Sekarang, coba perhatikan hadits berikut ini:

 Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

أَوَّلُ مَا يُحَاسَبُ عَلَيْهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ اَلصَّلَاةُ، فَإِنْ صَلُحَتْ صَلُحَ سَائِرُ عَمَلِهِ، وَ إِنْ فَسَدَتْ فَسَدَ سَائِرُ عَمَلِهِ

 “Amalan seorang hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya. Jika sholatnya baik, maka akan baiklah seluruh amalnya. Namun jika sholatnya rusak, maka akan rusaklah seluruh amalnya.” (HR. Ath-Thabrani)

            Sekarang, yang jadi pertanyaan adalah: Sudahkah kita mengerti bacaan shalat yang kita ucapkan dari mulai takbiratul ihram hingga salam?

 

Sekarang, coba kita simak firman Allah Subahanhu wa Ta’ala berikut (yang artinya):

 “Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (QS. Al Ahzab [33]: 41-43)

Allah Subahanhu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk banyak berdzikir. Dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam telah mengajarkan kepada kita banyak bacaan dzikir dari semenjak bangun tidur hingga hendak tidur lagi. Bahkan barangkali banyak di antara kita yang setiap harinya mengamalkan dzikir-dzikir yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, seperti dzikir ketika hendak tidur dan bangun tidur, ketika selesai shalat, ketika pagi dan petang, dll.

Namun, sudahkah kita memahami bacaan dzikir yang selalu kita ucapkan itu?

Dalam ayat yang lain, Allah Subahanhu wa Ta’ala berfirman (yang artinya):

 “Maka apakah mereka tidak mentadaburi al-Quran, ataukah hati mereka terkunci?” (QS. Muhammad [47]: 24).

Allah Subahanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk mentadaburi Al-Qur’an. Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk membacanya, memahami isinya, dan mengamalkannya.

Namun, sudahkah kita faham dengan ayat-ayat Al-Qur’an yang setiap hari kita lantunkan?

Kaum Muslimin yang dimuliakan Allah…

Inilah beberapa ibadah yang biasa kita lakukan sehari-hari. Setiap hari kita shalat, berdzikir, dan membaca Al-Qur’an. Namun, sudahkah kita faham bacaan shalat yang kita ucapan? Sudahkah kita mengerti dzikir yang kita baca? Sudahkah kita memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang kita tilawahkan?

Jika belum, bagaimana ibadah kita itu bisa menjadi indah?

Maka, saatnya kita belajar bahasa Arab. Sebab, dengan mengerti bahasa Arab, kita akan mengerti bacaan shalat yang kita ucapkan. Kita juga akan faham dzikir yang kita lafazkan. Dan, kita juga jadi faham ayat-ayat Al-Qur’an yang kita baca.

Semoga, dengan bermodalkan pemahaman bahasa Arab, ibadah yang kita lakukan sehari-hari menjadi lebih indah. Sehingga Allah Subhanahu wa Ta’ala berkenan untuk menerimanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: