2 CARA UNTUK BISA MEMBACA & MEMAHAMI BAHASA ARAB GUNDUL (TANPA HAROKAT)

ketinggian AllahSepertinya keluhan ini akan terus ada. Setiap orang yang baru awal-awal belajar bahasa Arab sepertinya akan mengeluarkan keluhan yang sama. Saya dahulu juga begitu. Kawan-kawan saya juga begitu.Keluhan kita semua sama. Apa itu?

“Belajar kaidah sih gampang. Memahami kalimat pendek di setiap contoh itu mudah. Tapi, kalau sudah dihadapkan pada sebuah paragraf atau tulisan panjang, susah untuk menerapkan kaidah. Bingung mana nentuin mubtada, khobar, fa’il,…….dll.”

Ini dia keluahannya. Lalu, bagaimana solusinya?

Paling tidak, ada dua upaya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini:

1. SERING BERLATIH.

2. MULAILAH DARI YANG RINGKAS.

Ya, menurut saya, dua cara inilah yang paling ampuh untuk bisa memahami literatur-literatur berbahasa Arab yang tertulis dengan huruf gundul. Insya Allah, dengan menerapkan dua cara ini, kita akan punya persiapan yang cukup untuk bisa membaca & memahami tulisan berbahasa Arab yang panjang-panjang.

Dua cara inilah yang kini saya terapkan pada kelas bahasa Arab yang saya asuh. Alhamdulillah, kawan-kawan yang saya bimbing sedikit demi sedikit mengalami kemajuan yang berarti.

Oleh karena itu saya sarankan kepada Anda yang saat ini punya keluhan yang sama dengan yang saya sebutkan di atas, cobalah kedua cara ini. Mudah-mudahan ke depannya ada pencerahan.

Jika Anda kesulitan untuk mencapatkan sarana latihan, silakan BACA & PELAJARI cerita-certia pendek yang saya cantumkan di LATIHAN PEMANTAPAN. Silakan diDOWNLOAD si SINI!

Leave a Reply

