PANDUAN MEMBACA KITAB GUNDUL

COVER BACA KITABBuku KE-6 dari 6 SERIAL KITAB FAHIMNA (Panduan Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak) berisi latihan-latihan membaca tulisan berbahasa Arab tanpa harokat alias Arab gundul. Buku ini sengaja saya susun untuk melengkapi ke-5 KITAB FAHIMNA lainnya yang berisi KAIDAH NAHWU & SHOROF.

Kenapa saya susun buku ini? Karena saya sering mendengar kawan-kawan yang sedang belajar bahasa Arab mengeluh tentang susahnya menerapkan kaidah pada tulisan-tulisan panjang. Oleh karena itu saya tergerak untuk memberikan sarana yang bisa membantu kawan-kawan untuk menerapkan kaidah Nahwu-ShoRof yang sudah mereka pelajari.

Buku ini berisi tiga bagian:

1. Intisari Ilmu Nahwu. Berisi ringkasan ilmu Nahwu yang ada di KITAB FAHIMNA 1-5.

2. Latihan Meng-I’rob Kata.

Diantaranya saya sertakan cara meng-I’rob SURAT AL-FATIHAH & AN-NAS, serta HADITS.

3. Latihan Membaca Arab Gundul.

Ada 35 latihan yang saya berikan. Dan latihannya itu bertahap. Dari tulisan pendek hingga ayang agak panjang. Saya juga sertakan pembahasannya.

Berikut ini contohnya.

LATIHAN 11

 

طرق تحصيل العلم

و العلم النّافع له أسباب ينال بها، و طرق تسلك في تحصيله و حفظه من أهمّها:

1- الإخلاص في طلب العلم و العمل به

2 – أن يسأل العبد ربه العلم النافع

3 – الاجتهاد في طلب العلم

4 – اجتناب جميع المعاصي بتقوى الله تعالى

5 – عدم الكبر و الحياء عن طلب العلم

BEBERAPA METODE UNTUK MENDAPATKAN ILMU

Ilmu yang bermanfaat memiliki beberapa sebab yang dengannya ilmu itu bisa diraih. Dan juga memiliki beberapa metode yang harus ditempuh untuk mendapatkan dan menjaganya. Diantara yang terpenting adalah:

  1. Ikhlas dalam menuntut ilmu dan mengamalkannya.
  2. Seorang hamba meminta kepada Rabbnya ilmu yang bermanfaat.
  3. Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.
  4. Menjauhi semua maksiat dengan cara bertakwa kepada Allah.
  5. Tidak sombong dan malu dari menuntut ilmu.

[Dikutip dari kitab “Muqowwimat” hal. 25 – 28]

LATIHAN 11

(PEMBAHASAN)

 

طُرُقُ تَحْصِيْلِ الْعِلْمِ

وَ الْعِلْمُ النَّافِعُ لَهُ أَسْبَابٌ يُنَالُ بِهَا، وَ طُرُقٌ تُسْلَكُ فِي تَحْصِيْلِهِ وَ حِفْظِهِ. مِنْ أَهَمِّهَا:

1- اَلْإِخْلَاصُ فِي طَلَبِ الْعِلْمِ وَ الْعَمَلِ بِهِ

2 – أَنْ يَسْأَلَ الْعَبْدُ رَبَّهُ الْعِلْمَ النَّافِعَ

3 – اَلْاِجْتِهَادُ فِي طَلَبِ الْعِلْمِ

4 – اِجْتِنَابُ جَمِيْعِ الْمَعَاصِي بِتَقْوَى اللهِ تَعَالَى

5 – عَدَمُ الْكِبْرِ وَ الْحَيَاءِ عَنْ طَلَبِ الْعِلْمِ

PENJELASAN

أَهَمِّهَا

“أَهَمُّ” (arti: PALING PENTING) adalah ISIM TAFDHIL, terbuat dari FI’IL “هَمَّ – يَهُمُّ” yang artinya PENTING.

أَهَمِّهَا

DHOMIR “ها” (MUFROD MUANNATS) merujuk kepada “طرق” dan “أسباب”. Digunakan DHOMIR MUANNATS karena “طرق” dan “أسباب” adalah JAMAK TAKSIR. Sebagaimana telah diketahui, bahwa JAMAK TAKSIR dianggap MUANNATS. Digunakan DHOMIR MUFROD karena JAMAK TAKSIR berupa ISIM yang TIDAK BERAKAL.

Bagi kawan-kawan yang ingin memiliki buku ini, silakan KLIK DI SINI!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: