MEMBUAT CERPEN (BAHASA ARAB) DALAM SEKEJAP

COVER NAHWU SHOROF PEMULA[TARGET MEMPELAJARI KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA]

Sebenarnya, untuk membuat cerita pendek dalam bahasa Arab tidak sesulit dan selama yang dibayangkan. Tidak harus kita menamatkan buku kaidah Nahwu-Shorof tingkat tinggi terlebih dahulu untuk bisa membuat cerpen. Cukup dengan pengetahuan ilmu Nahwu-Shorof tingkat dasar, insya Allah kita bisa membuat cerita pendek sederhana dalam bahasa Arab.

Berapa lama untuk menamatkan ilmu Nahwu-Shorof tingkat dasar?

Tidak lama. Jika Anda menggunakan KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA, insya Allah bisa Anda selesaikan dalam waktu SEHARI atau 2 HARI saja. Tapi dengan syarat Anda mempelajarinya minimal 8 jam sehari. Jadi Anda buat jadwal belajar dari pagi hingga sore layaknya orang kerja kantoran. Atau layaknya seorang pelajar di sekolah.

Atau, kalau Anda belajarnya agak sedikit santai (Misalnya 1-2 jam sehari), mungkin butuh waktu sekitar seminggu atau dua minggu untuk menyelesaikannya. Setelah itu insya Allah Anda akan bisa membuat cerita-cerita pendek sederhana tentang kehidupan sehari-hari Anda. Misalnya cerita tentang kejadian-kejadian di rumah, di pasar, di sekolah, dll. Insya Allah Anda akan bisa membuatnya dalam bahasa Arab lengkap dengan harokat-harokatnya.  Dalam KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA sudah saya ajarkan cara-caranya.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat cerita sebagai berikut:

يدرسُ محمدٌ في المدرسةِ. مدرسةُ محمدٍ في القريةِ. هي في وسطِ القريةِ.

يذهبُ محمدٌ إلى المدرسةِ صباحًا. هوَ يذهبُ معَ زميلِهِ بالجوالةِ. يدرسُ محمدٌ في المدرسةِ من يومِ الإثنينِ إلى يومِ السبتِ.

أمامَ المدرسةِ مسجدٌ. المسجدُ كبيرٌ. يصلِي محمدٌ في المسجدِ الكبيرِ كلَ يومٍ.

….

Muhammad belajar di sekolah. Sekolah Muhammad berada di desa. Dia terletak di tengah-tengah desa.

Muhammad pergi ke sekolah pagi hari. Dia pergi bersama kawannya dengan sepeda motor. Muhammad belajar di sekolah dari hari Senin hingga hari Sabtu.

Di depan sekolah ada sebuah masjid. Masjid itu besar. Muhammad shalat di masjid besar itu setiap hari.

…..

 

Demikian contoh cerita sederhana yang insya Allah nanti akan bisa Anda buat setelah Anda menyelesaikan KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA. Dari cerita pendek ini, nantinya bisa Anda kembangkan menjadi cerita yang panjang. Anda juga akan bisa memberikan variasi-variasi kata bumbu-bumbu penyedap lainnya seiring dengan perjalanan Anda mempelajari KITAB NAHWU-SHOROF tingkat berikutnya.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

 

Ingin memiliki KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA? KLIK DI SINI!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: