KEDAHSYATAN DAUROH BAHASA ARAB

jambu aerAlhamdulillah saya telah merasakan kedahsyatan dauroh bahasa Arab. Kawan-kawan saya pun banyak yang sudah merasakannya. Misalnya saja kawan saya yang asal Sulawesi. Setelah pulang dari mengikuti dauroh bahasa Arab di Gresik Jawa Timur selama sebulan, dia jadi semakin lancar membaca dan menerjemahkan kitab gundul. Bahkan kemudian dia bisa bekerja sebagai editor di sebuah penerbitan buku Islam. Padahal dia lulusan universitas pertanian, fakultas peternakan.

Saya sendiri setelah dua kali mengikuti douroh bahasa, kemampuan bahasa ARab (Nahwu-Shorof) saya semakin meningkat. Saya jadi semkin mudah menerjemahkan kitab-kitab ringkas berbahasa ARab karya para ulama. Beberapa hasil terjemahan saya bahkan ada yang diterbitkan.

Oleh karena itu, saya sangat menyarankan kepada kawan-kawan yang memiliki banyk waktu luang (dan uang juga tentunya) untuk mengikuti duroh bahasa ARab. Insya Allah banyak manfaatnya. Diantaranya bisa diajarkan langsung oleh para ustadz dan belajarnya jadi lebih fokus karena tidak dignggu oleh kesibukan duniawi sehari-sehari. Kawan-kawan coba cari informsinya di internet.

Namun, bagaimana dengan kawan-kawan yang tidak ada waktu untuk mengikuti dauroh?

Bagi kawan-kawan yang belum ada waktu untuk mengikuti duroh bahasa ARab, kawan-kawan bisa membuat dauroh sendiri di rumah. Tinggal dikondisikan saja rumah kawan-kawan layaknya tempat dauroh.

Kawan-kawan bisa lakukan persiapan sebagai berikut:

  1. Sediakan KITAB PANDUAN (NAHWU-SHOROF). Untuk pemula, pilih kitab yang berbahasa Indonesia dan mudah untuk dipelajari. Atau kawan-kawan bisa menggunakan KITAB FAHIMNA sebagai panduan.
  2. Susun JADWAL BELAJAR layaknya acara dauroh.

Misalnya sebagai berikut:

SESI

JAM BELAJAR

1

05.30 – 07.00

2

08.00-09.30

3

10.00-11.30

4

16.00-17.30

5

20.00-21.30

Demikian saja. Semoga kita semua diberi kemudahan oleh Allah Subhanahau wa Ta’ala untuk mempelajari ilmu-ilmu yang bermanfaat.

Wallahu a’lam.

Bogor, 26 Jumadal Akhiroh 1434 H/ 7 Mesi 2013

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

