TIDAK SEPERTI MAKAN TAHU

gorengan2Belajar bahasa Arab itu tidak seperti makan tahu, yang dalam hitungan detik saja bisa kita lahap habis. Belajar bahasa Arab butuh proses panjang. Untuk menguasai bahasa Arab dengan sempurna, kita harus melewati tahapan demi tahapan. Dan tentu saja waktunya lama.

Lihat saja kawan-kawan kita yang belajar di pondok pesantren. Berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk bisa baca kitab gundul? Rata-rata, butuh waktu sekitar setahun untuk bisa membaca kitab ringkas (kutaib) yang ditulis oleh ulama. Lalu, bagaimana dengan kita yang belajarnya di luar pondok pesantren? Udah gitu, kita belajarnya otodidak tanpa di bawah bimbingan seorang guru secara langsung?

Bisa jadi lebih lama. Atau mungkin sama. Namun, tidak menutup kemungkinan kita bisa menguasainya lebih cepat dibandingkan kawan-kawan kita yang belajarnya di pesantren. Yang penting, kita tahu metode yang tepat untuk bisa menguasai bahasa Arab.

Namun, bagaimanapun juga, kita harus selalu ingat. Butuh proses untuk bisa menguasai bahasa Arab dengan baik. Makanya kita harus bersabar. Kita harus mau meluangkan sebagian waktu yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan untuk belajar bahasa Arab. Minimal, untuk langkah awal, kita luangkan waktu 6 BULAN PERTAMA untuk mempelajari ILMU NAHWU-SHOROF tingkat dasar. Kita coba ini dulu. Baru nanti kita beranjak ke langkah berikutnya.

Agar proses belajar kita terasa ringan, fahami terlebih dahulu ARAH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (NAHWU-SHOROF). Insya Allah, dengan mempelajari KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA, dalam waktu beberapa hari saja Anda akan faham tujuan dari belajar ilmu Nahwu dan Shorof dan arah pembelajarannya. Bahkan, Anda akan bisa membuat CERITA PENDEK sederhana dalam bahasa Arab serta PERCAKAPAN SEHARI-SEHARI.

Imam Syafi’i rahimahullah pernah berkata:

“Saudaraku, engkau tidak akan mendapatkan ilmu keculi dengan enam hal…”

Diantaranya beliau berkata:

“…..WAKTU YANG LAMA”.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

 

Bogor, 3 Rajab 1434 H/ 13 Mei 2013 M

Muhammad Mujianto Al-Batawie

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: