KETIKA ANJING INGIN BERGANTI NAMA

wajahSaya pernah membaca sebuah buku tentang motivasi belajar agama. Dalam buku itu ada sebuah motivasi bagus dari seorang ulama zaman dahulu bernama Ibnul Jauzi rahimahullah. Motivasi itu dikemas dalam sebuah cerita fiktif berupa dialog antara anjing dan singa. Kurang-lebih ceritanya begini.

Dikisahkan ada seekor anjing menemui singa si raja hutan dan berkata, “Hai raja hutan, gantilah namaku yang jelek ini!”.

“Kamu itu sudah terkenal penipu tak pantas mengubah namamu itu!” jawab singa.

“Cobalah uji aku!”

Lalu singa memberi sepotong daging dan berpesan, “Jagalah ini sampai besok pagi, jika kamu jujur saya akan ganti namamu!”.

Namun setelah anjing dikuasai lapar dan selalu memandangi daging itu, kemudian dia berucap, “Ada apa dengan namaku? Bukankah anjing itu sudah nama yang bagus. Lalu ia memakan daging tersebut.”

Ibnul Jauzi rahimahullah kemudian berkata, “Itulah orang-orang yang berobsesi rendah, dia merasa cukup dengan sesuatu yang sedikit dan tidak memilih keutamaan-keutamaan”.

 

>>> Memetik Faidah

Dari permisalan yang diberikan oleh Imam Ibnul Jauzi rahimahullah di atas, saya memetik sebuah faidah yang terkait dengan masalah “GELAR”. Ya, masalah gelar.

Sekarang, coba kita perhatikan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala berikut:

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun” (QS. An Nahl [16] : 78)

Saat kita terlahir ke dunia, gelar kita semua sama yaitu “TIDAK TAHU” alias “BODOH”. Namun, Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak ingin kita terus-terusan bergelar “TIDAK TAHU”. Makanya Allah Subhanahu wa Ta’ala memberi kita fasilitas untuk mengubah gelar kita menjadi “ALIM” alias “MENGETAHUI”. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi kita akal dan panca indera untuk bisa meraih gelar itu. Allah Subhanahu wa Ta’ala juga telah menurunkan seorang Nabi akhir zaman kepada kita untuk memberi pengajaran.

Lalu, apa yang sudah kita lakukan kemudian? Seiring semakin menuanya usia kita, sudahkan gelar kita berubah dari “BODOH” menjadi “ALIM” ?

 

>>> Saatnya Introspeksi Diri

Sekarang, mari kita introspeksi diri. Mari kita tanyakan diri kita masing-masing:

  • Sejak kecil kita telah diajarkan tata cara shalat. Sehingga kita jadi tahu gerakan-gerakan shalat dari mulai takbiratul ihram hingga salam. Namun, kita waktu itu TIDAK TAHU dalil yang menjadi landasan gerakan shalat yang kita lakukan. Lalu sekarang, saat kita dewasa, sudahkah kita mencoba mencari tahu, apa hadits yang menjadi landasan kita melakukan gerakan shalat seperti itu. Sudahkah kita membuka-buka buku fikih untuk mengubah gelar kita dari yang awalnya “TIDAK TAHU” menjadi seorang yang “MENGETAHUI” ???
  • Sejak kecil kita juga diajarkan bacaan-bacaan shalat. Sehingga kita jadi hafal diluar kepala. Namun waktu itu, kita TIDAK TAHU makna bacaan shalat yang kita ucapkan. Kita hanya mengucapkan saja tanpa tahu makna yang terkandung di dalamnya. Lalu sekarang, saat kita dewasa, sudahkah kita mencoba mencari tahu, apa makna dari bacaan shalat yang kita ucapkan di saat shalat itu. Minimal, sudahkan kita mencari tahu artinya?
  • Sejak kecil kita juga sudah diajarkan cara membaca Al-Qur’an, menghafal do’a dan dzikir sehari-hari. Kemudian kita pun berhasil menghafal beberapa surat Al-Qur’an, dan beberapa do’a serta dzikir yang rutin kita baca sehari-hari. Namun waktu itu, kita TIDAK TAHU artinya. Kita baru sebatas membacanya saja. Lalu sekarang, saat kita dewasa, sudahkah kita mengubah gelar itu, menjadi gelar baru yang diinginkan Allah Subhanahu wa Ta’ala atas setiap hamba-Nya? Sudahkan kita menanggalkan gelar “BODOH” itu dari dalam diri kita?

Mari kita semu kembali introspeksi diri. Mari kita hisab diri kita masing.

Sampai kapan gelar “TIDAK TAHU” itu melekat dalam diri kita? Apakah kita ingin tetap bergelar seperti itu hingga ajal datang menjemput?

Saatnya kita merenung.

Wallahu a’lam.

 

Bogor, Rabu 5 Rajab 1434 H/ 15 Mei 2013 M

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: