INGIN MAHIR BERCAKAP-CAKAP MENGGUNAKAN BAHASA ARAB, GUNAKAN CARA INI?

speakingAnda bisa gunakan cara ini jika ingin pandai bercakap-cakap menggunakan bahasa Arab. Terutama Anda yang saat ini tidak punya kawan untuk diajak berlatih percakapan. Menurut saya cara ini memang bagus untuk diterapkan.

Saya dapatkan cara ini dari seorang pakar bahasa Inggris. Suatu ketika, dia pernah memberi nasihat kepada murid-muridnya. Dia menyarankan, kalau seseorang ingin jago speaking, dia harus jago dulu di-listening.

Saya pribadi setuju dengan saran beliau. Sepertinya memang demikian kenyataannya. Sehingga saya berkesimpulan, cara ini juga berlaku bagi orang yang ingin bisa bercakap-cakap menggunakan bahasa Arab dengan lancar.

Untuk lebih jelas, saya beri contoh begini. Misalnya kita ingin bercakap-cakap dengan seseorang menggunakan bahasa Arab. Kemudian orang itu berkata-kata kepada kita begini:

“كم عمرك ؟”

“كم ولدا عندك ؟”

Kira-kira akan terjadi komunikasi dua arah yang bagus tidak? Tidak tidak bukan. Mungkin kita akan sering berkata kepada orang itu: Keif ? (Bagaimana…..?)….. Madza ? (Apa…..?) Isy’? (Apa…..?)……dst…..dst…..

Tapi, jika kita faham dengan yang orang itu ucapkan namun kita tidak tahu bahasa Arab dari jawaban yang diinginkan, kita bisa memberikn respon minimal berupa isyarat tiga buah jari dan satu jari (untuk menunjukkan angka 31) dan isyarat 5 buah jari (untuk menunjukkan angka 5). Kenapa begitu? Karena yang ditanyakan adalah: “Berapa umurmu?” dan “Berapa anakmu?”.

Demikian penjelasan ringkasnya. Jadi kesimpulannya, jika kita ingin pandai speaking, hendaknya kita menjadi orang yang yang pandai listening dulu. Dan biasanya, kedua keahlian ini dipelajari berbarengan. Ketika dua orang sedang belajar speaking, otomatis mereka juga sedang belajar listening.

Tapi ini berlaku untuk dua orang yang sedang belajar speaking. Lalu, bagaimana dengan orang yang belajarnya sendirian?

Saya sudah jelaskan tentang cara belajar speaking bagi orang yang sendirian dalam belajar. Silakan baca kembali uraiannya DI SINI. Dan saya juga sudah jelaskan tentang cara belajar listening bagi orang yang belajarnya sendirian. Penjelasannya ada DI SINI. Silakan dibaca-baca kembali.

Demikian saja. Semoga informasi ini bermanfaat.

Wallahu a’lam.

Bogor, Jum’at dini hari, 14 Rajab 1434 H/24 Mei 2013

Muhammad Mujianto Al-Batawie

One Response to INGIN MAHIR BERCAKAP-CAKAP MENGGUNAKAN BAHASA ARAB, GUNAKAN CARA INI?

  1. alber says:

    ana muwaafiq ‘ala hadza ar-ro’yi ya ustadz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: