BUKU-BUKU YANG SAYA REKOMENDASIKAN

COVER MODUL 2 VERSISebagai ringkasan dari apa yang telah saya jelaskan di atas, berikut ini urutan-urutan buku panduan yang saya sarankan untuk Anda pelajari secara otodidak.

 

>>> Langkah Pertama

 

Pada langkah pertama Anda belajar bahasa Arab, saya sarankan Anda untuk mempelajari KE-6 SERIAL KITAB FAHIMNA. Insya Allah bisa Anda selesaikan dengan mudah dalam waktu 6 BULAN atau kurang. Baca juga panduan penggunaannya. Info lengkapnya silakan lihat di https://pustakalaka.wordpress.com.

 

>>> Langkah Kedua

 

Setelah menyelesaikan KE-6 SERIAL KITAB FAHIMNA, Anda bisa melanjutkan belajar dua kitab berikut:

 

1. Kitab Al-Muyassar fi ‘Ilmin Nahwi.

Kitab ini ada dua versi, Arab dan Indonesia. Dan kitab ini juga dijadikan panduan untuk dauroh bahasa Arab di beberapa tempat. Jika ada kesempatan, Anda bisa mengikuti dauroh itu.

 

2. Kitabut Tashrif.

Kitab ini insya Allah bisa dipelajari sendiri. Jika Anda telah belajar ilmu Shorof di KITAB FAHIMNA, Anda akan dengan mudah mempelajari kitab ini. Tinggal yang dibutuhkan adalah KESUNGGUHAN dan KESABARAN dalam mempelajarinya. Sebab cukup banyak pola kata yang harus dihafal.

 

>>> Langkah Selanjutnya

 

Setelah menyelesaikan Kitab Al-Muyassar  dan Kitabut Tashrif, Anda bisa melanjutkan belajar ilmu Nahwu dan Shorof dari Kitab Mulakhos. Kitab ini 100% berbahasa Arab. Terdiri dari dua bagian: Kaidah Ilmu Nahwu dan Kaidah Ilmu Shorof. Kitab ini juga dijadikan panduan  dauroh bahasa Arab di ponpes Al-Furqon Gresik Jawa Timur selama sekitar sebulan lamanya. Jika ada kesempatan, Anda bisa mengikuti dauroh itu. Dan kitab ini juga sudah dijelaskan oleh seorang ustadz dalam bentuk rekaman MP3. Anda bisa membelinya untuk sarana belajar Anda di rumah masing-masing tanpa harus keluar rumah. Anda bisa mencari informasinya di internet.

 

 

 

>>> Buku Pendamping

 

Selain buku-buku kaidah ilmu Nahwu & ilmu Shorof, untuk memperlancar kegiatan belajar, Anda juga bisa menambahkan buku-buku panduan berikut:

 

1. Buku Panduan I’rob.

Anda bisa gunakan kitab Amtsilatil Jumal jilid pertama dan kedua. Jilid pertama untuk tingkat dasar dan jilid kedua untuk tingkat lanjutan.

 

2. Buku Panduan Baca Kitab.

Anda bisa gunkan MODUL KITAB DUA VERSI. Anda bisa mendapatinya di https://pustakalaka.wordpress.com.

 

3. Buku Panduan Mufrodat

Anda bisa gunakan buku “Bahasa Dunia Islam”. Buku ini berisi kumpulan mufrodat yang cukup lengkap. Buku bisa dibeli di toko-toko kitab.

 

 

>>> Materi Tambahan

 

Untuk semakin memperkuat kaidah Nahwu-Shorof yang Anda pelajari di tingkat dasar, Anda bisa mempelajari materi tambahan yang ada di blog https://pustakalaka.wordpress.com.

 

Demikian saja sedikit informasi dari saya. Semoga bermanfaat.

 

Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: