SERIAL “APA KATA ANAK LIPIA TENTANG BAHASA ARAB”? (BAG_2)

LIPIABerikut ini saya sajikan hasil quisioner yang pernah saya ajukan kepada beberapa mahasiswa LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam & Arab) Jakarta pada sekitar tahun 2010-an. Semoga semakin menambah wawasan kita tentang bahasa Arab. Insya Allah hasil quisioner ini akan dibuat berseri.

—–oOo—–

Nama: F**** H******/ I’dad Lughowi

PERTANYAAN & JAWABAN:

>>> PERTANYAAN 1: Apa motivasi dan tujuan Antum ketika pertama kali belajar bahasa Arab?

JAWABAN:

Agar bisa memahami agama Islam yang suci ini melalui referensi Al-Qur’an dan As-Sunnah serta kitab-kitab ulama yang semua itu berbahasa Arab. Maka tidak ada cara lain untuk memahaminya, kecuali faham bahasa Arab.

 

>>> PERTANYAAN 2: Apa kesulitan yang Antum hadapi ketika pertama kali belajar bahasa Arab & bagaimana Antum mengatasinya?

 

JAWABAN:

Kaidah-kaidah yang banyak dan seakan-akan bertolak belakang satu sama lain. Cara saya mengatasinya: Saya tidak larut pusing di dalam kaidah. Yang penting faham dan tahu cara penggunaannya. Saya biarkan kaidah yang saya fahami berjalan seiring berjalannya waktu tanpa mencoba memikirkan kaidah/perubahan-perubahan yang belum dipelajari.

 

>>> PERTANYAAN 3: Menurut Antum, kitab apa saja yang cocok untuk dipelajari pertama kali bagi orang yang baru belajar bahasa Arab, terutama untuk yang bukan santri?

JAWABAN:

Cara cepat belajar bahasa Arab 30 jam karya Ahmad Munawwari, Al-Mukhtarot yang diterbitkan Ma’had al-Furqon Gresik, dan Terjemah Al-Ajurrumiyyah.

 

>>> PERTANYAAN 4: Menurut Antum, apa yang menyebabkan seorang yang baru belajar bahasa Arab menjadi mudah putus asa dan tidak semangat lagi belajar bahasa Arab?

JAWABAN:

Karena lemahnya tekad serta rapuhnya niat, dan menganggap bahwa bahasa Arab itu sulit (padahal sebaliknya) serta larut dalam kesulitan (yang memang tak perlu dilakukan) dalam memahami kaidah-kaidah.

>>> PERTANYAAN 5: Menurut Antum, kesulitan apa yang sering dialami oleh orang yang baru belajar bahasa Arab & apa saran antum untuk mengatasinya?

JAWABAN:

Banyaknya kaidah-kaidah. Cara mengatasinya, saat belajar fokuskan kepada kaidah yang dipelajari atau yang sudah dipelajari dan biarkan dia “mengalir” di otak seiring berjalannya waktu dan jangan mempersulit keadaan dengan “kata” atau perubahannya yang belum dipelajari.

>>> PERTANYAAN 6: Menurut Antum, apa strategi/kiat sukses belajar bahasa Arab?

JAWABAN:

  • Ikhlaskan niat karena Allah.
  • Tekad yang kuat untuk bisa berbahasa Arab serta menolong agama Allah ini.
  • Belajar kaidah sedikit demi sedikit dan biarkan itu serta ikuti, seirama perjalanan waktu belajar dan jangan mempersulit diri dengan anggapa “bahasa Arab itu sulit”.

 

>>> PERTANYAAN 7: Apakah Antum punya pengalaman berkesan ketika awal-awal belajar bahasa Arab?

JAWABAN:

Ya. Saat ketika saya belajar pertama kali bahasa Arab di sebuah lembaga, saat saya temui teman-teman yang lain telah mahir berbahasa Arab sedangkan saya belum pernah belajar bahasa Arab. Di bulan-bulan awal saya hampir putus asa karena “ketidakadilan ini”. Namun saya yakin saya pasti bisa dan saya akan menjadi lebih mahir dari mereka karena mereka punya otak dan saya pun sama tidak ada perbedaan. Kecuali satu, yaitu mereka lulusan pesantren tetapi saya bukan. Dan saya yakin, lulusan pesntren bukanlah syarat bisa berbahasa Arab. Dan keyakinan itu ternyata berbuah manis saat ini.

 

>>> PERTANYAAN 8: Apa nasihat Antum kepada kaum Muslimin yang baru akan memulai belajar bahasa Arab?

JAWABAN:

“Apakah antum ridho jikalau agama Islam yang antum pelajari ini tidaklah semurni agama yang dibawa Rasul ?! Karena kelalaian orang yang menukil dari terjemahan kitab ulama yang hilang faidahnya karena salah diterjemahkan??? Jawabannya pasti TIDAK !!! Dan siapakah yang akan mengembalikan faidah dari kitab-kitab ulama sehingga agama ini semurni dengan apa yang dibawa Rasul ??? Jawabannya adalah ANTUM !!! Ummat sedang menunggu kalian…..SOBAT !!!”

—— SELESAI ——-

Insya Allah bersambung quisioner ke-3.

Leave a Reply

