PENGALAMANKU BERSAMA BUKU “KITABUT TASHRIF”

kitabut tashrifKurang lebih ada belasan buku tata bahasa Arab (Nahwu-Shorof) yang sudah saya pelajari dari semenjak awal saya belajar bahasa Arab. Namun, dari belasan buku itu, ada sebuah buku yang sangat berkesan bagi saya. Sebab buku ini telah memberi pencerahan kepada saya. Setelah menamatkan isi buku ini, kemampuan bahasa Arab saya jadi meningkat tajam. Dan setelah mempelajari buku ini dari awal sampai akhir, saya baru sadar bahwa –menurut saya- kunci sukses belajar bahasa Arab untuk pemula terletak pada ilmu Shorof.

>>> Pertemuan Tak Terduga

Sebelumnya saya tidak menyangka akan bertemu dengan buku ini. Ceritanya waktu itu saya sedang dalam perjalanan menuju sebuah yayasan Islam yang ada di daerah Lenteng Agung Jakarta Selatan. Pagi-pagi saya berangkat naik kereta dari stasiun Bogor. Namun saya lupa, jam berapa saya sampai stasiun Lenteng Agung. Yang jelas sebelum waktu Dzuhur.

Begitu sampai stasiun Lenteng Agung, saya langsung turun dari kereta. Saya berjalan menuju pintu keluar. Setelah keluar, saya dapati di pinggir jalan ada orang yang berjualan buku. Sepertinya kebanyakan buku-buku bekas. Saya pun berhenti sejenak untuk melihat-lihat.

Kemudian mata saya tertuju pada dua buah buku. Kedua-duanya sama-sama buku tentang tata bahasa Arab. Yang pertama berjudul “Fighul Lughah 2” dan yang kedua berjudul “كتاب التصريف”. Buku Fighul Lughah 2 berisi pembahasan tentang macam-macam huruf beserta contoh penerapannya dalam kalimat dan sedikit pembahasan ilmu Shorof. Sedangkan buku “كتاب التصريف” khusus membahas ilmu Shorof.

Kedua buku ini cetakan lama. Terlihat dari kertasnya yang sudah kusam. Namun karena tertarik –dan waktu itu memang saya sedang semangat-semangatnya belajar bahasa Arab- maka saya pun kemudian membelinya.

>>> Belajar Sendiri

Beberapa hari lamanya kedua buku ini tidak saya buka-buka. Saya belum sempat untuk membaca dan mempelajarinya. Baru kemudian, saat saya punya waktu luang cukup panjang (liburan kuliah sekitar 1 bulan lebih), saya tergerak untuk membuka-buka kedua buku ini.

Awalnya saya kaget juga ketika membaca-baca buku “كتاب التصريف”. Sebab buku ini 100 % bertuliskan huruf Arab. Berbeda dengan buku Fighul Lughah yang ada terjemahan bahasa Indonesianya. Sehingga awalnya saya kurang tertarik untuk mempelajarinya. Sebab waktu itu saya baru belajar bahasa Arab, sehingga tentu saja belum bisa baca kitab gundul.

Namun, setelah saya baca buku “كتاب التصريف” lebih serius, saya baru sadari bahwa bahasa Arab yang digunakan dalam buku ini adalah bahasa Arab melayu. Jadi sebenarnya bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia, hanya saja ditulis dengan huruf-huruf hijaiyyah.

Misalnya saja, pada bagian pendahuluan ditulis seperti ini:

اكو ممنتاكن رحمة دان سجهتر اتس نبى

Anda tentu bisa membacanya, bukan? Tulisan di atas sebenarnya adalah bahasa Indonesia, namun ditulis dengn huruf-huruf Arab. Maksud dari tulisan di atas adalah:

Aku memintakan rahmat dan sejahtera atas Nabi

Bagi Anda yang masih merasa asing dengan tulisan bahasa Arab melayu, silakan baca penjelasannya di SINI.

>>> Belajar Sendiri

Karena masih bisa saya fahami sendiri, maka saya pun kemudian tertarik untuk mempelajari buku ini dengan lebih serius dan fokus. Dari pagi sampai malam saya pelajari buku ini. Saya hafalkan pola-pola kata yang ada di dalamnya. Saya kerjakan semua latihannya. Dan saya pelajari kaidah-kaidah shorof yang ada di dalam buku ini. Bahkan kaidah-kaidah penting ilmu shorof yang ada dalam buku ini kemudian saya salin dalam sebuah buku tulis dan saya terjemahkan ke dalam tulisan latin. Dan buku tulis itu masih saya simpan sampai sekarang.

Agar hafalan saya mantap, saya melakukannya dengan dua cara. Pertama, saya ucapkan dengan suara. Kemudian yang kedua, saya tulis di buku pola-pola kata yang sedang saya hafalkan beserta contoh-contoh penerapannya.

khot riq'ah2

Saya masih ingat, berlembar-lembar kertas HVS penuh dengan coretan pola-pola kata yang sedang saya hafal. Sambil menulis, saya juga sambil latihan menulis khot jenis riq’ah (Alhamdulillah, setelah sering latihan nulis, waktu itu tulisan saya lumayan rapih. Namun, karena kemudian jarang dipraktekkan, jadi biasa lagi tulisan saya. Tidak seperti dulu lagi :().

khot riq'ah

>>> Perubahan Besar

Setelah menyelesaikan buku “كتاب التصريف” ini, saya merasakan perubahan besar terjadi dalam diri saya. Ketika saya coba latihan baca kitab gundul, saya merasa lebih mudah. Sebab saya sudah hafal begitu banyak variasi pola-pola kata. Berbeda jauh ketika saya belum belajar ilmu Shorof. Meski saya faham kaidah Nahwu, namun saya masih merasa kesulitan untuk membaca tulisan berbahasa Arab tanpa harokat.

Demikianlah sedikit pengalaman saya bersama buku “كتاب التصريف” ini. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

Bogor, Rabu 10 Sya’ban 1434 H/ 19 Juni 2013 M

SARAN:

  • Jika Anda ingin lancar membaca kitab gundul, pelajarilah buku “كتاب التصريف” ini dari awal sampai akhir.
  • Anda bisa mempelajari buku “كتاب التصريف” ini sendiri. Sebab sebenarnya buku ini berbahasa Indonesia juga. Hanya saja ditulis dengan huruf-huruf Arab.
  • Karena cukup banyak pola kata yang harus dihafal, maka hafalkan secara bertahap. Jangan tergesa-gesa untuk menghafal pola yang baru sebelum pola yang sebelumnya dihafal dengan baik.
  • Akan lebih bagus kalau Anda mempelajari KITAB FAHIMNA terlebih dahulu, baru kemudian mempelajari “كتاب التصريف” ini.Sebab, ilmu Shorof dalam KITAB FAHIMNA sengaja saya susun sebagai bekal untuk Anda mempelajari buku “كتاب التصريف”.

One Response to PENGALAMANKU BERSAMA BUKU “KITABUT TASHRIF”

  1. […] menyelesaikan seluruh pelajaran shorof di KITAB FAHIMNA, sangat saya sarankan untuk mempelajari KITABUT TASHRIF. Kitab bisa dibeli di toko kitab atau via online. Silakan searching di […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: