FOKUS BELAJAR BAHASA ARAB

TUMPUKAN KITAB3Diantara strategis sukses dalam belajar bahasa Arab adalah “FOKUS”. Kita harus fokus dalam belajar. Fokus maksudnya adalah memusatkan perhatian pada satu hal. Jadi perhatian tidak terpencar-pencar pada hal-hal yang lain.

 

Ada dua macam fokus yang saya sarankan untuk Anda lakukan:

 

>>> Satu: Fokus dengan satu kitab panduan.

 

Di setiap tingkatan belajar (pemula, dasar, dan lanjutan) fokuslah hanya pada satu kitab panduan. Kenapa? Ada beberapa manfaat yang kita dapat dengan belajar terfokus pada satu kitab. Diantaranya:

 

  • Kita akan cepat menyelesaikan sebuah kitab. Sehingga akan memberi dorongan semangat untuk melanjutkan pelajaran. Dan juga dengan cepat menyelesaikan sebuah kitab, kita jadi terhindar dari penyakit futur (lemah semangat) yang disebabkan oleh waktu belajar yang lama.
  •  Agar kita terhindar dari rasa berat dalam belajar. Bayangkan betapa beratnya beban yang harus dipikul otak kita jika harus mempelajari beberapa kitab dalam waktu yang bersamaan.
  • Agar kita terhindar dari kebingungan. Sebab terkadang sebuah kitab memiliki cara penyajian yang berbeda-beda  terhadap sebuah pembahasan.

 

Lalu, apakah kita tidak boleh membaca-baca kitab lain saat belajar?

 

Ya, boleh saja. Misalnya saat kita masih bingung dengan penjelasan materi yang ada di kitab panduan, kita bisa cari informasi tambahahan di kitab lain. Namun untuk membaca materi yang kita masih bingung saja. Setelah itu fokuskan lagi pada kitab panduan.

 

 

>>> Dua: Fokus saat belajar.

 

Fokus saat belajar juga sangat penting agar kita bisa menyerap materi pelajaran dengan baik. Misalnya, saat kita sedang duduk di depan meja belajar, fikiran kita hanya terfokus pada pelajaran bahasa Arab saja. Kita tidak memikirkan hal-hal yang lain.

 

Oleh karena itu saya sarankan Anda untuk memilih waktu belajar yang pas untuk Anda. Misalnya pagi hari saat otak masih fresh. Atau malam hari saat Anda telah menyelesaikan semua tugas harian Anda.

 

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

 

Wallahu a’lam.

 

Bogor, 11 Sya’ban 1434 H/ 20 Juni 2013 M

Muhammad Mujianto Al-Batawie

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: