BAHASA ARAB & POHON BERCABANG

dahan pohonKira-kira mana yang lebih mudah: memanjat pohon tinggi namun yang ada cabang-cabangnya atau memanjat pohon tinggi namun tanpa cabang (seperti pohon kelapa, pinang, dll.)?

Tentu saja jawabnya adalah lebih mudah memanjat pohon yang ada cabang-cabangnya. Sebab kita jadi punya banyak tempat istirahat. Jika kita lelah, kita bisa duduk santai di sebuah cabang yang berhasil kita naiki. Sambil duduk istirahat, kita bisa menarik nafas panjang untuk bekal melanjutkan naik ke cabang-cabang berikutnya.

pohon kelapaBerbeda halnya kalau kita naik ke atas pohon tinggi tanpa cabang. Kalau kita tidak punya tenaga yang super besar, bisa-bisa kita merosot turun karena kehabisan tenaga. Seperti saya dulu waktu kecil sering gagal naik ke atas pohon kelapa. Baru sampai pertengahan jalan, saya sudah merosot turun. Namun, saya senantiasa berhasil menaiki puncak pohon kecapi (dan lainnya) yang memiliki banyak cabang. Sebab, jika tenaga saya sedang tidak cukup kuat, saya bisa beristirahat dulu di cabang-cabang yang telah berhasil saya lewati.

Nah, berdasarkan hal inilah saya kemudian terinspirasi untum menyusun KITAB FAHIMNA dalam beberapa tingkatan. Ada tiga tingkatan: Pemula, Dasar, dan Lanjutan. Tingkatan-tingkatan ini ibarat cabang-cabang pohon.

Harapan saya, dengan belajar menggunakan KITAB FAHIMNA, kawan-kawan jadi lebih merasa mudah dalam belajar bahasa Arab. Sebab setiap tingkatannya bisa dilewati dalam waktu yang tidak terlalu lama. Dan setiap selesai di sebuah tingkatan, akan memberi energi tambahan untuk bisa naik ke tingkatan di atasnya.

Demikian saja. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

