SERIAL “APA KATA ANAK LIPIA TENTANG BAHASA ARAB”? (BAG_3)

KITAB FAHIMNABerikut ini saya sajikan hasil quisioner yang pernah saya ajukan kepada beberapa mahasiswa LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam & Arab) Jakarta pada sekitar tahun 2010-an. Semoga semakin menambah wawasan kita tentang bahasa Arab. Insya Allah hasil quisioner ini akan dibuat berseri.

—–oOo—–

Nama: A******* N** N****/ I’dad Lughowi

PERTANYAAN & JAWABAN:

>>> PERTANYAAN 1: Apa motivasi dan tujuan Antum ketika pertama kali belajar bahasa Arab?

JAWABAN:

Saya pertama kali belajar bahasa Arab ketika masih MI/SD. Ketika itu bahasa Arab hanya sebuah materi pelajaran sekolah saja. Tetapi dengan berjalannya waktu, ada keistimewaan tersendiri. Memudahkan menghafal do’a-do’a dan bisa membaca kitab bahasa Arab.

 

>>> PERTANYAAN 2: Apa kesulitan yang Antum hadapi ketika pertama kali belajar bahasa Arab & bagaimana Antum mengatasinya?

JAWABAN:

Saat masih MI saya sudah diajari Nahwu & Shorof. Itu sangat memberatkan saya karena saya belum begitu mengenal bahasa Arab. Bahkan saya tidak tahu fungsi dua pelajaran itu yang katanya merupakan alat belajar bahasa Arab. Saya hanya menghafal tanpa mengerti manfaatnya. Akhirnya di tingkat MTs saya belajar bahasa Arab dengan sistem berbeda. Di situlah saya tahu manfaat keduanya.

>>> PERTANYAAN 3: Menurut Antum, kitab apa saja yang cocok untuk dipelajari pertama kali bagi orang yang baru belajar bahasa Arab, terutama untuk yang bukan santri?

JAWABAN:

  • Durusul Lughoh Arabiyah (Gontor) terdiri dari 3 jilid.
  • Nahwul Wadhih.

>>> PERTANYAAN 4: Menurut Antum, apa yang menyebabkan seorang yang baru belajar bahasa Arab menjadi mudah putus asa dan tidak semangat lagi belajar bahasa Arab?

JAWABAN:

  • Tidak adanya keinginan dan motivasi.
  • Mungkin baca tulis Arabnya belum lancar.
  • Belajarnya tidak bertahap, langsung ke jenjang yang tinggi seperti langsung belajar Nahwu dan Shorof sebelum menguasai bahasa Arab. Belajar bahasa itu seperti anak kecil yang belajar bicara dengan orang tuanya. Perlahan-lahan dia pasti bisa walau tidak tahu kaidah-kaidah.

>>> PERTANYAAN 5: Menurut Antum, kesulitan apa yang sering dialami oleh orang yang baru belajar bahasa Arab & apa saran antum untuk mengatasinya?

JAWABAN:

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa bahasa Arab itu rumit. Banyak kaidah-kaidahnya. Ya saran saya seperti tadi, belajar secara bertahap.

>>> PERTANYAAN 6: Menurut Antum, apa strategi/kiat sukses belajar bahasa Arab?

JAWABAN:

Belajar dengan menggunakan suara, banyak membaca bacaan-bacaan dalam bahasa Arab. Mencocokkan Al-Qur’an dan do’a-do’a dengan terjemahan yang ada, dsb.

>>> PERTANYAAN 7: Apakah Antum punya pengalaman berkesan ketika awal-awal belajar bahasa Arab?

JAWABAN:

Saat-saat pertama belajar bahasa Arab, saya merasa kerdil karena teman-teman saya sebagian telah mempunyai perbendaharaan kosa kata. Jadi menghafal kosa kata (mufrodat) itu penting.

>>> PERTANYAAN 8: Apa nasihat Antum kepada kaum Muslimin yang baru akan memulai belajar bahasa Arab?

JAWABAN:

Untuk ikhwah Muslimin, bahwa dengan bahasa Arab lah agama ini diturunkan. Bagaimana kita akan mendapatkan ajaran dari agama Allah Subhanahu wa Ta’ala ini dengan sempurna jika kita tidak tahu bahasa Arab. Sungguh telah banyak orang yang lebih mendahulukan bahasa Inggris dari bahasa Arab. Dan siapa kelak yang dapat memahami Al-Qur’an kalau tidak ada yang belajar bahasa Arab.

—— SELESAI ——-

Insya Allah bersambung quisioner ke-4.

Leave a Reply

