SAATNYA KITA BERUBAH !

taqobbalallah minna wa minkumAlhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala karena telah diberikan akal yang sempurna. Sehingga kita bisa berfikir dengan baik. Dan kita bisa memahami sesuatunya dengan baik. Dengan bermodalkan akal yang sempurna itu pula lah, kita bisa pergunakan untuk menunaikan tugas kita di atas permukaan bumi ini, yaitu untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ketika kecil, kita bisa menerima dengan baik pengajaran dari orang tua dan guru-guru kita. Kita bisa memahami gerakan-gerakan shalat yang mereka ajarkan. Kita juga bisa menghafal bacaan shalat yang mereka diktekan. Begitu pula dengan dzikir, do’a, dan bacaan al-Qur’an. Kita bisa menghafalnya dengan baik meski belum seberapa banyak jumlahnya.

Namun…….

Yah, namun…..Apa yang sudah kita pelajari sejak kecil, banyak yang masih sebatas ucapan bibir semata. Banyak yang kita belum mengerti maknanya. Sehingga, banyak kata yang sudah terucap, namun sedikit yang bisa meresap ke dalam dada. Kenapa? Karena kita tak tahu maksud dari setiap kata yang kita ucapkan.

Saat kita duduk di antara dia sujud kemudian berdoa, Sudahkan kita faham isi doa yang kita minta?

Saat kita selesai berwudhu dan berdo’a, Sudahkah kita faham makna yang terkandung di dalamnya?

Begitu pula saat kita berdzikir dan membaca ayat al-Qur’an. Sudahkah hati kita meresapinya?

Alhamdulillah jika kita sudah bisa memahami semua itu. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala berkenan untuk menerima ibadah yang kita lakukan itu.

Namun jika belum……

Saatnya sekarang kita berubah! Saatnya kita meng-ilmui ibadah yang kita lakukan sehari-hari. Saatnya kita memperindah semua ibadah yang kita lakukan. Sebab, semua ibadah itulah yang kelak akan kita serahkan kepada Allah Subahanahu wa Ta’ala.

Pantaskah kita menyerahkan ibadah yang asal-asalan saja ???

Saatnya kita berubah!

Semoga setelah bulan Ramadhan, kita masih diberikan kesempatan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk memperbaiki dan memperbagus ibadah kita kepada-Nya.

Amiin.

 

Bogor, Sabtu 25 Ramadhan 1434 H

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: