JANGAN LUPA TUJUAN

PETANITujuan terbesar kita belajar bahasa Arab ialah agar ibadah kita menjadi lebih indah dan lebih berkualitas. Kita ingin, setelah kita mengerti bahasa Arab, kita bisa membaca al-Qur’an sambil merenungi maknanya. Kemudian kita juga bisa berdo’a, berdzikir, dan shalat dengan memahami apa yang mulut kita ucapkan. Bukan sekedar komat-kamit tanpa kita tahu apa yang kita ucapkan itu.

Jadi itu tujuan kita. Adapun belajar kaidah bahasa Arab (Nahwu-Shorof) hanyalah wasilah untuk bisa sampai ke situ. Oleh karena itu saya sarankan kepada siapa saja yang saat ini sedang belajar bahasa Arab (termasuk saya), hendaknya kita segera gunakan ilmu yang sudah kita dapat untuk mencapai tujuan itu.

Misalnya, saat kita sudah menyelesaikan ilmu Nahwu-Shorof tingkat dasar, cobalah sedikit demi sedikit kita praktikkan dalam ibadah kita sehari-hari. Kita coba terapkan kaidah yang sudah kita pelajari dan fahami dalam ibadah-ibadah kita yang ada kaitannya dengan bahasa Arab.

Saat kita sedang membaca al-Qur’an misalnya, cobalah untuk lebih peka. Sambil membaca, kita coba sambil meneliti: Kenapa harokat akhirnya begitu? Apa kedudukan katanya? Ini termasuk isim, fi’il, atau huruf? Kata ini termasuk yang mabni atau mu’rob?…..Dst….Dst…

Atau, kalau saran saya begini. Ketika kita membaca sebuah ayat, coba kita lakukan langkah-langkah berikut sambil membaca:

  1. Memahami arti setiap kata dalam ayat yang kita baca. Kita bisa gunakan mushaf terjemah untuk membantu dalam memahami.
  2. Memahami perubahan harokat akhirnya. Kenapa dhommah? Kenapa fathah?…..Dst….Dst….
  3. Apa kedudukan katanya?

Untuk sementara tiga hal ini saja yang bisa kita coba saat membaca al-Qur’an atau saat kita membaca doa dan dzikir yang biasa kita ucapkan sehari-hari. Semoga praktik yang sederhana ini bisa membuat kita lebih memahami kaidah bahasa Arab yang sedang kita pelajari, dan juga bisa menjadi bekal untuk lebih memperbagus ibadah yang kita lakukan sehari-hari.

Demikian saja dari saya. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

Bogor, Senin 19 Syawal 1434 H/ 26 Agustus 2013 M

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: