TIPS MENGHAFAL MUFRODAT YANG ADA DI DALAM SEBUAH KITAB

TULIS LANGSUNG

Telah saya sampaikan pada tulisan-tulisan sebelumnya di blog ini dan juga telah saya sampaikan di dalam EBOOK “STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB SECARA OTODIDAK” bahwa diantara cara yang paling efektif dalam menghafal mufrodat (kosakata) adalah dengan menggunakan sebuah kitab. Jadi, kita menghafal mufrodat yang sudah tersusun menjadi sebuah kalimat yang tertulis dalam sebuah kitab. Cara ini jauh lebih baik disamping kita hanya menghafal kata perkata.

 

Pada kesempatan ini, saya akan jelaskan cara yang efektif –menurut saya- dalam menghafal mufrodat yang ada di dalam sebuah kitab.

 

Cara praktisnya sebagai berikut:

 

  1. Miliki sebuah kitab ringkas yang bahasanya mudah. Kemudian Anda fotokopi kitab itu. Atau jika Anda mau, Anda bisa mendownload kitab-kitab ulama yang banyak bertebaran di internet. Pilih yang ringkas dan bahasanya mudah difahami. Setelah itu Anda print menjadi dua.
  2. Setelah itu, Anda baca kitab fotokopian. Fokuskan pada dua hal: HAROKAT KATA & MAKNA KATA.
  3. Jika Anda sudah tahu harokat sebuah kata dengan yakin, maka tidak perlu kata itu Anda harokati. Biarkan dia tetap tidak berharokat. Namun, jika Anda tidak tahu harokat pastinya, maka silakan Anda buka kamus kemudian Anda harokati kata itu secara lengkap dari awal sampai akhir.
  4. Kemudian, jika Anda tidak tahu makna dari sebuah kata, maka segera buka kamus. Kemudian tulis makna kata itu langsung di halaman itu juga. Tulis langsung di atas kata yang Anda tidak tahu artinya itu. Saran saya, JANGAN ANDA TULIS DI KERTAS TERPISAH. Tapi, TULIS LANGSUNG DI ATAS KATA yang Anda tidak tahu artinya itu. Coret-coret saja langsung di situ tidak masalah.
  5. Setelah satu PARAGRAF atau satu HALAMAN berhasil Anda harokati dan Anda fahami maknanya, coba Anda baca lagi dari awal. Baca dengan keras secara berulang-ulang. Sambil membaca, sambil Anda hadirkan maknanya di benak Anda. Jadi tidak hanya sekadar membaca. Tapi membaca dengan penuh penghayatan.
  6. Setelah Anda yakin bahwa Anda benar-benar sudah faham dengan isi kitab dan Anda yakin bisa membacanya dengan benar, maka sekarang Anda coba membaca kitab satunya lagi yang belum Anda coret-coret. Coba Anda baca sambil difahami maknanya. Lakukan secara berulang-ulang.
  7. Setelah Anda berhasil membaca dan memahami isi kitab secara lengkap dari awal sampai akhir, coba Anda terus berlatih membaca dan memahaminya. Baca berulang-ulang hingga Anda benar-benar faham dan lidah Anda terbiasa membaca huruf-huruf Arab. Jangan tergesa-gesa untuk berpindah ke kitab yang baru sebelum Anda menyelesaikan satu buah kita dengan baik.

 

Bagi Anda yang sudah memiliki SERIAL KITAB FAHIMNA, Anda bisa mempraktikkan tips di atas saat membaca KITAB FAHIMNA LATIHAN BACA KITAB. Atau saat membaca KITAB DUA VERSI yang saya berikan sebagai BONUS.

 

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

 

Wallahu a’lam.

 

Silakan jika ada yang ingin menambahkan.

 

 

 

Bogor, Sabtu 24 Syawal 1434 H/ 31 Agustus 2013 M

 

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: