SMS DARI MAKASSAR

KIRIM SMSKemarin pagi ba’da subuh (Sabtu 12 Oktober 2013), saya mendapat SMS dari salah seorang pembaca SERIAL KITAB FAHIMNA di Makassar. Karena saya sedang bersiap-siap berangkat ke rumah mertua di Cikarang (naik motor) untuk liburan , maka saya tidak sempat untuk menjawabnya langsung saat itu juga. Saya baru menjawabnya setelah sampai di Cikarang sore hari ba’da Ashar.

Berikut ini isi SMSnya dan sedikit komentar dari saya:

“Bismillah. Afwan..Sy Dahlan d Makassar, Alhamdulillah stlh belajar Fahimna jilid 1 dan Muroja’ah 3 kali (sejak 3 okt), ana sdh mulai tergambar bgmn bhs arab itu. Skrg sdh mulai mengerjakan latihan2, yg mau sy konsultasi, sy agak kesulitan menjwb latihan di hal 17 no. 4 ttg membuat jumlah ismiyyah dr semua fi’il sdg yg sy pahami kaidah arab mmakai Predikat-Subjek, ktika sy dahulukan Isim maka jadinya tdk fasih, cth Muhammadun Akala.Mhn bantuannya. Jazakallah….”

Sebelum menjawab pertanyaan beliau, saya ingin memberikan beberapa komentar dan ulasan berikut:

>>> Kawan kita ini baru beberapa waktu lalu membeli KITAB FAHIMNA. Namun beliau sudah mempelajari KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA hingga selesai dan melakukan muroja’ah 3 kali. Dan ini sesuai dengan apa yang sering saya sarankan, baik di PANDUAN BELAJAR yang ada di kitab FAHIMNA maupun di ebook STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB SECARA OTODIDAK. Saran saya: sering-seringlah melakukan MUROJA’AH karena akan banyak manfaatnya.

>>> Kawan kita ini mengatakan “Alhamdulillah stlh belajar Fahimna jilid 1 dan Muroja’ah 3 kali (sejak 3 okt), ana sdh mulai tergambar bgmn bhs arab itu.” Dan inilah memang tujuan saya menulis FAHIMNA TINGKAT PEMULA. FAHIMNA TINGKAT PEMULA saya susun agar para PELAJAR PEMULA mengetahui arah pembelajar ilmu Nahwu dan Shorof. Sehingga mereka nantinya memiliki pondasi yang kuat untuk melanjutkan pelajaran. Oleh karena itu saya sarankan kepada para pembaca KITAB FAHIMNA untuk mempelajari KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA dengan baik. Lakukan pengulangan dalam belajar. Kerjakan soal-soal latihannya. Jika merasa sudah mantap, baru bisa lanjutkan ke KITAB FAHIMNA TINGKAT DASAR.

>>> Beliau menanyakan apa yang beliau belum mengerti di dalam KITB FAHIMNA. Dan ini juga sesuai saran saya. Saya sarankan kepada kawan-kawan PEMBACA KITAB FAHIMNA untuk bertanya jika ada materi yang belum difahami. Insya Allah saya akan bantu untuk mencarikan jawabannya. Pertanyaan bisa diajukan ke blog https://pustakalaka.wordpress.com. Bisa juga lewat SMS. Namun saya lebih nyaman menjawab pertayanyaan lewat blog.

Nah, sekarang terkait pertanyaan, maka saya jawab sebagai berikut:

Sebenarnya soal yang saya inginkan adalah “Buatlah JUMLAH FI’LIYYAH dari FI’IL-FI’IL di atas”. Jadi, bukan JUMLAH ISMIYYAH. Maka, lewat tulisan ini, sekaligus saya ingin menyampaikan ralat ini.

Namun, tidak mengapa juga dengan soal ini. Sebab, kita juga bisa membuat JUMLAH ISMIYYAH dari fi’il. Cara sederhananya, tinggal kita letakkan ISIM di depan FI’IL.

Perhatikan contoh berikut:

JUMLAH ISMIYYAH

JUMLAH FI’LIYYAH

علي يأكل

يأكل علي

Ali sedang makan

Ali sedang makan

Lalu, apa bedanya dua kalimat ini?

Biasanya, dua kalimat ini diterjemahkan sama. Namun, jika kita lihat susunan kalimatnya, akan memberikan rasa yang berbeda.

Kalimat “يأكل علي”adalah kalimat infromasi biasa. Namun, kalimat “علي يأكل” ada sisi penekanan pada SI ALInya. Jadi fokus pembicaraan ada pada SI ALInya.

Misalnya begini. Misalnya di hadapan ALI, HASAN, ZAID, & MUHAMMAD ada makanan. Kemudian mereka semua sedang makan. Maka kita bisa katakan “يأكل علي”.

Namun, jika yang makan cuma Si Ali –misalnya-, kita bisa katakan “علي يأكل”. Jadi fokus kalimat terletak pada SI ALI yang sedang makan.

Kemudian, KEDUDUKAN Si Ali pada dua kalimat di atas pun berbeda. Pada kalimat “يأكل علي” ALI berkedudukan sebagai FA’IL. Sedangkan pada kalimat “علي يأكل”, ALI berkedudukan sebagai MUBTADA.

Demikian saja penjelasan dari saya. Untuk penjelasan tambahan bisa dibaca di KITAB FAHIMNA NAHWU DASAR hal. 67.

Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

Cikarang, Menjelang Subuh 13 Oktober 2013

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

