DASAR YANG KUAT

FAHIMNA PEMULASaya sering katakan bahwa “DASAR” itu sangat penting dalam belajar bahasa Arab. Sebab, “DASAR” sangat berpengaruh besar dalam tahapan belajar selanjutnya. Jika “DASAR” kita bagus, insya Allah perjalanan belajar kita selanjutnya akan mebih mudah dilalui. Yang saya maksud dengan DASAR di sini adalah ILMU NAHWU-SHOROF TINGKAT DASAR.

Ibarat rumah, DASAR itu adalah pondasinya. Pondasi yang kuat akan sangat membantu untuk membentuk rumah yang kuat dan kokoh.

Lalu, kapan seseorang bisa dikatakan memiliki DASAR yang kuat dalam bahasa Arab? Apa tolak ukurnya?

Menurut saya, untuk kalangan yang benar-benar pemula dalam belajar bahasa Arab, mereka bisa dikatakan memiliki DASAR yang kuat jika telah mampu: MEMAHAMI pengertian JUMLAH ISMIYYAH & JUMLAH FI’LIYYAH dan MAMPU membuat kalimat sederhana yang berpola JUMLAH ISMIYYAH & FI’LIYYAH.

Kenapa saya katakan demikian?

Sebab kalau kita perhatikan pelajaran bahasa Arab, dari mulai tingkat DASAR hingga tingkatan di atasnya, pembahasannya itu hanyalah berkisar pada pembuatan KALIMAT. Di mulai dari pola kalimat yang sederhana di tingkat dasar. Kemudian berlanjut pada pola yang lebih kompleks di tingkatan selanjutnya. Dan dalam bahasa Arab, bentuk kalimat cuma ada dua: JUMLAH ISMIYYAH & JUMLAH FI’LIYYAH.

Nah, jika dari awal kita masih belum faham apa itu JUMLAH ISMIYYAH & JUMLAH FI’LIYYAH, dan kita juga masih belum bisa membuat kalimat sederhana yang berbentuk JUMLAH ISMIYYAH & JUMLAH FI’LIYYAH, maka kita akan berat untuk menerima materi lanjutan. Sebaliknya, jika kita memang benar-benar faham, insya Allah kita akan lebih mudah menerima tambahan materi berikutnya.

Oleh karena itulah, di KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA, saya fokuskan pada pembahasan ini. Tujuan saja, pembaca KITAB FAHIMNA bisa memiliki DASAR yang kuat dalam belajar. Insya Allah, setelah mempelajari KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA, pembaca bisa MEMBUAT CERITA PENDEK sederhana yang tersusun dari JUMLAH ISMIYYAH & JUMLAH FI’LIYYAH.

Demikian saja. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Wallahu a’lam.

 

Senin, Ba’da Subuh 16 Dzul Hijjah 1434 H/ 21 Oktober 2013 M

Muhammad Mujianto Al-Batawie

 

 

 

 

2 Responses to DASAR YANG KUAT

  1. eulis says:

    bagaimana cara mendapatkan buku tersebut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: