HOBI MENGUMPULKAN KITAB PELAJARAN BAHASA ARAB

P1120960Beberapa bulan yang lalu (sebelum Ramadhan) ada seorang pemuda dari Jakarta yang membeli 6 SERIAL KITAB FAHIMNA. Suatu ketika pemuda ini pergi berkunjung ke sebuah pondok pesantren yang ada di Bogor. Sambil berkunjung, dia bawa juga KITAB FAHIMNA bersamanya. Kemudian dia tunjukkan KITAB FAHIMNA itu kepada salah seorang ustadz di pondok yang dia kunjungi.

Rupanya sang ustadz tertarik dengan KITAB FAHIMNA. Diapun kemudian berkeinginan untuk memilikinya juga. Dia ingin membelinya. Setelah itu diapun menghubungi saya untuk memesan KITAB FAHIMNA. Dan kitapun kemudian janjian untuk bertemu di sebuah toko buku yang ada di bogor yang biasa dia kunjungi.

Kitapun kemudian bertemu dan sempat ngobrol-ngobrol sebentar. Dia pun mengungkapkan alasannya membeli KITAB FAHIMNA meski dia sudah bisa bahasa Arab. Katanya dia senang untuk mengoleksi buku-buku kaidah bahasa Arab.

“Saya tertarik saja kalo liat buku-buku pelajaran bahasa Arab….”demikian kurang lebih ucapnya.

Saya jadi teringat dengan pengalaman saya ketika awal-awal belajar bahasa Arab. Saya waktu itu sangat gemar mengumpulkan kitab-kitab panduan bahasa Arab. Setiap berkunjung ke toko buku, selalu saya sempatkan untuk menuju rak buku pelajaran bahasa Arab. Jika ada yang menarik dan kondisi keuangan sedang sehat, maka langsung saya beli. Entah sudah berapa juta uang yang saya keluarkan untuk membeli buku-buku panduan belajar bahasa Arab. Kebiasaan saya ini masih berlanjut hingga sekarang.

Alhamdulillah kebiasaan saya ini sangat bermanfaat bagi hidup saya. Pengetahuan bahasa Arab saya jadi semakin meningkat. Saya sering temukan ilmu-ilmu baru di setiap buku yang saya beli. Kadang saya menemukan kejelasan di sebuah buku terhadap materi yang belum saya fahami sebelumnya. Dari buku-buku yang saya beli, saya juga belajar banyak tentang metode penyampaian materi bahasa Arab. Dan ini sangat membantu saya dalam menyusun SERIAL KITAB FAHIMNA.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang tertarik belajar bahasa Arab, saya sarankan untuk memiliki hobi mengoleksi kitab. Insya Allah akan banyak manfaatnya di kemudian hari. Meskipun kita tidak langsung mempelajarinya setelah membeli, namun buku-buku itu nantinya akan menambah motivasi dan semangat kita untuk terus belajar bahasa Arab.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Bogor, menjelang Subuh (03:27) 17 Muharram 2013 M/21 November 2013

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

