BELAJAR DARI PEGAWAI KANTOR POS

pos antriBeberapa bulan belakangan ini saya sering mondar-mandir ke kantor pos. Saking seringnya, tukang parkir di depan kantor pos sampai bertanya:

 

“Sering ke sini, emang ngirim apa, Pak?”

 

“Ngirim paket buku” jawab saya.

 

Pegawai pos pun jadi kenal dengan saya. Setiap kali saya datang, dia sudah tahu bahwa tujuan saja ialah untuk mengirim paket buku FAHIMNA. Dan kalau saya lama tidak datang, pegawai pos itu biasanya akan bertanya:

 

“Baru keliatan lagi nih…”.

 

Kadang ketika saya datang kondisi sedang sepi. Sehingga saya bisa mengirim buku dengan cepat, tidak perlu ngantri. Tapi kalau sedang ramai, saya harus rela ngantri cukup lama menunggu giliran.

 

Dari beberapa kali ke kantor pos saya dapat pelajaran berharga yang sepertinya bisa untuk diaplikasikan pada kegiatan belajar bahasa Arab. Begini.

 

Ketika antrian di kantor pos cukup panjang, pegawai pos melakukan tugasnya dengan tenang. Dia tidak gelisah melihat antrian panjang di depannya. Dia selesaikan tugasnya dengan santai, namun tetap cekatan. Dia layani pelanggan satu persatu. Untuk melayani satu orang kadang ada yang butuh waktu lama, dan kadang ada yang sebentar. Tergantung kebutuhan masing-masing orang. Perlahan namun pasti, akhirnya semua bisa dilayani dengan baik.

 

Nah, apa yang diperbuat pegawai pos ini mestinya bisa kita terapkan juga saat kita belajar bahasa Arab. Kita semua tentu tahu bahwa untuk menyelesaikan semua pelajaran bahasa Arab butuh untuk mempelajari banyak kitab. Namun, janganlah hal ini menggelisahkan kita. Jangan merasa terbebani. Santai saja belajarnya. Pelajari satu demi satu. Ambil satu kitab, kemudian fokus dipelajari sampai selesai. Ketika selesai, ambil satu kitab yang lain lagi, kemudian fokus pelajari sampai selesai. Begitu seterusnya hingga semua kitab selesai dipelajari..

 

Jadi, janganlah banyaknya kitab yang harus kita pelajari membuat kita merasa berat untuk belajar bahasa Arab. Fokuskan saja pandangan kita pada satu kitab. Insya Allah, kalau kita mau bersabar, kita akhirnya bisa menyelesaikan semua kitab dengan baik.

 

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

 

 

Bogor, Selasa pagi (08:53) 29 Muharram 1435 H/3 Desember 2013 M

 

Muhammad Mujianto Al-Batawie

 

 

 

 

Leave a Reply

