CERPEN 2 VERSI: KISAH PEMBACA TELAPAK TANGAN

PEMBACA TELAPAK TANGAN

telapak tangan

(EDISI BAHASA INDONESIA)

Seorang pembaca telapak tangan melewati seorang pengunjung taman dari taman-taman umum. Bersamanya ada sebuah papan yang dia menggambarkan di atas papan itu sebuah gambar telapak tangan. Dia pun kemudian berkata kepada pengunjung itu, “ Berikan tanganmu, sungguh aku akan beritakan kepadamu tentang masa depan hidupmu”. Pengunjung taman itupun menjawab, “Ini tanganku, perkara gaib apa yang engkau lihat di situ?”

Pembaca telapak tangan itupun kemudian mengambil tangan si pengunjung seraya berkata,” Wah, sungguh engkau akan menjadi orang besar. Dan engkau akan mendapatkan kedudukan yang tinggi. Sebentar lagi, engkau akan bepergian jauh yang menyenangkan.” Kemudian Si Pembaca telapak tangan itupun berhenti bicara, lalu berkata,”Berikan bayaranku!”

Si pengunjung itupun kemudian menjawab, “Kenapa aku harus memberimu bayaran? Seandainya engkau memang mengetahui perkara yang gaib –sebagaimana yang engkau katakan- niscaya engkau tidak akan membaca telapak tanganku”.

Pembaca telapak tangan itu pun berkata,”Lho, kenapa bisa begitu?”

Si pengunjung itupun menjawab, “Sebab aku tidak punya uang”. Maka, malulah Si Pembaca telapak tangan itu. Dia pun kemudian pergi meninggalkan Si Pengunjung itu. Dan berkatalah Si Pengunjung yang cerdik itu, “Benarlah apa yang dikatakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam: Seandainya aku mengetahui yang gaib, niscaya aku akan memperbanyak berbuat baik dan keburukan tidak akan menimpaku.”

 SELESAI

Untuk edisi BAHASA ARAB (BERHAROKAT & TANPA HAROKAT) silakan KLIK DI SINI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: