KETIKA KITA HENDAK MENDAKI PUNCAK BAHASA ARAB SENDIRIAN

merangkakSaya tidak tahu apakah permisalan yang saya berikan ini tepat atau tidak. Namun yang jelas lewat tulisan ini saya ingin menyampaikan sebuah masukan terkait metode yang efektif dalam belajar bahasa Arab. Mudah-mudahan bisa difahami.

Begini. Misalnya kita mengetahui bahwa di atas sebuah puncak gunung ada pemandangan sangat indah. Dan kita sangat ingin melihatnya. Namun perjalanannya sangat panjang. Harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Kira-kira apa yang seharusnya kita lakukan?

Kalau menurut saya, kita sebaiknya mencari orang yang sudah pernah ke sana dan minta dia menemani kita untuk pergi ke sana. Kalau dia tidak bisa menemani, minta dia untuk memberikan rute perjalanan yang paling cepat dan mudah untuk menuju ke puncak gunung. Catat atau rekam penjelasan darinya. Minta juga nomer teleponnya supaya dia bisa memberikan arahan dari jauh. Insya Allah dengan cara begini perjalanan kita ke puncak gunung akan lebih efektif ketimbang tidak punya arahan sama sekali.

Nah, sama juga halnya dengan bahasa Arab. Kita sudah mengetahui bahwa dengan mengerti bahasa Arab kita akan bisa lebih menikmati ibadah yang kita lakukan. Insya Allah kita akan lebih merasakan kelezatan sholat, do’a, dzikir, dan baca al-Qur’an karena kita bisa mengerti apa yang kita baca dan ucapkan. Namun, kita juga telah mengetahui bahwa untuk bisa bahasa Arab perjalanannya cukup panjang. Butuh waktu tidak sebentar. Lalu, apa yang seharusnya kita lakukan jika kita ingin bisa bahasa Arab? Apa yang harus kita perbuat jika kita ingin belajar bahasa Arab sendirian tanpa bimbingan guru secara langsung?

Saya kira Anda sudah bisa menebak jawabannya lewat ilustrasi di atas. Kalau belum tahu, silakan tanyakan di kolom komentar. Atau silakan download ebook STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB SECARA OTODIDAK di SINI.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Bogor, Senin Pagi yang hujan 18 Robi’ul Awwal 1435 H/20 Januari 2014

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: