MENCARI SARANA LATIHAN BACA ARAB GUNDUL

LATIHAN BACA KITABSaya sudah sering katakan bahwa untuk bisa lancar membaca tulisan arab gundul, disamping kita harus faham kaidah nahwu-shorof dan banyak memiliki mufrodat, kita juga harus sering-sering latihan. Dan cara berlatih yang paling baik adalah dengan membaca kitab gundul langsung di hadapan guru, sehingga kita jadi tahu bagaimana cara baca yang benar. Kalau kita salah baca, sang guru pun bisa langsung membetulkannya.

 

Namun, bagaimana dengan orang yang belajarnya tidak di bawah bimbingan guru secara langsung? Bagaimana cara berlatihnya?

 

Dahulu, ketika awal-awal belajar, saya sangat kesulitan untuk bisa berlatih membaca. Sebab tidak ada yang bisa membimbing secara langsung. Lalu, bagaimana cara saya berlatih?

 

Diantara cara yang saya lakukan ialah dengan menulis ulang ayat-ayat al-Qur’an yang belum saya hafal. Namun tanpa saya beri harokat. Kemudian saya coba beri harokat sendiri sesuai kemampuan. Setelah itu saya cocokkan jawaban saya dengan yang ada di mushaf.

 

Alhamdulillah sekarang teknologi sudah semakin canggih. Sarana belajar pun semakin mudah kita dapat. Kita bisa dapatkan sarana belajar baca Arab gundul lewat internet dengan mudah. Misalnya dengan bantuan google atau youtube.

 

Bagi Anda yang masih merasa kesulitan untuk mendapatkan sarana belajar baca arab gundul secara mandiri alias otodidak, silakan berkunjung ke blog saya yang satu lagi. Susah saya sediakan di SINI beberapa latihan baca arab gundul. Insya Allah akan terus saya tambah. Anda juga bisa belajar via fesbuk di SINI.

 

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

 

Wallahu a’lam.

 

 

Leave a Reply

