ZONA RAWAN FUTUR

ZONA RAWAN FUTUROrang-orang yang belajar bahasa Arab secara OTODIDAK, saya bagi ke dalam tiga kelompok. Kelompok pertama berada di ZONA RAWAN FUTUR, kelompok kedua berada di ZONA MANDIRI, dan kelompok ketiga berada di ZONA NYAMAN. Mari kita bahas satu persatu.

>>> ZONA RAWAN FUTUR

Mereka yang berada di ZONA RAWAN FUTUR adalah orang-orang yang baru mulai belajar bahasa Arab. Mereka adalah orang-orang yang baru belajar bahasa Arab tingkat dasar atau pemula. Jumlah mereka sangat banyak dan paling banyak dibanding dua zona lainnya. Namun, banyak juga diantara mereka yang kemudian berguguran sebelum menyelesaikan semua pelajaran di tingkat dasar. Banyak diantara mereka yang futur alias patah semangat.

>>> ZONA MANDIRI

Mereka yang berada di ZONA MANDIRI adalah orang-orang yang sudah berhasil melewati zona rawan futur. Mereka telah berhasil menguasai kaidah bahasa Arab (Nahwu-Shorof) tingkat dasar. Sehingga mereka bisa secara mandiri untuk mengkaji kitab-kitab nahwu-shorof tingkat lanjutan. Dan mereka juga sudah sedikit demi sedikit membaca kitab gundul. Namun mereka masih sering buka-buka kamus untuk mengetahui arti sebuah kata. Jumlah mereka jauh lebih sedikit dibandingkan orang-orang yang berada di ZONA RAWAN FUTUR.

>>> ZONA NYAMAN

Mereka yang berada di ZONA NYAMAN jumlahnya sangat-sangat sedikit. Jauh lebih sedikit dari mereka yang berada di ZONA MANDIRI. Mereka adalah orang-orang yang sudah berhasil menamatkan kitab kaidah bahasa Arab tingkat menengah (Semisal kitab Mulakhosh, Syarah Qothr Nada, dll.) atau tingkat atas (semisal kitab Alfiyah, dll.). Mereka bisa dengan mudah membaca dan memahami kitab-kitab gundul yang mereka baca tanpa terlalu sering buka kamus.

Nah, berkaitan dengan tiga zona ini, SERIAL KITAB FAHIMNA sengaja saya susun untuk mengeluarkan mereka yang baru belajar bahasa Arab dari ZONA RAWAN FUTUR. Target saya, setelah menyelesaikan SERIAL KITAB FAHIMNA, mereka bisa secara mandiri mengkaji kitab-kitab kaidah bahasa Arab tingkat selanjutnya. Target saya juga, mereka bisa membaca kitab-kitab ringkas karya ulama.

Demikian saja sedikit uraian dari saya. Btw, Anda sekarang berada di ZONA mana nih?

Jakarta, Jum’at Subuh yang gerimis 24 Januari 2014

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: