BELAJAR DI HADAPAN GURU VS BELAJAR DI HADAPAN LAPTOP

orang-chatting-6-kartun1Misalnya ada dua orang. Sebut saja namanya Si A dan Si B. Mereka berdua sama-sama rutin belajar agama. Namun cara yang mereka tempuh berbeda. Mau tau bedanya?

Si A rutin menghadiri pengajian Ustadz Fulan setiap hari Ahad pagi jam 10-an. Dia seringnya datang beberapa menit menjelang kajian dimulai. Kadang datang saat kajian sudah dimulai. Dia jarang menulis apa yang disampaikan ustadz karena menurutnya ustadz berbicara terlalu cepat. Sebenarnya dia ingin merekam kajian, namun ada larangan bagi jama’ah untuk merekam kajian. Akibatnya, selesai kajian dia pulang dengan membawa sedikit ilmu yang dia hafal dari apa yang disampaikan ustadz. Di kajian dia hanya menjadi pendengar setia sambil sekali-kali harus menahan kantuk saat waktu menunjukkan pukul setengah 12 siang. Dia tidak pernah sekalipun bertanya. Selesai kajian dia jarang melakukan muroja’ah, bahkan bisa dikatakan hampir tidak pernah muroja’ah. Ahad depannya dia kembali datang ke kajian seperti biasa. Kajian membahas kitab Bulughul Maram karya Al-Hafidzh Ibnu Hajar Al-Atsqolani rahimahullah.

Lalu, bagaimana dengan Si B?

Karena di dekat rumah Si B tidak ada tempat kajian, maka Si B belajar agama lewat internet. Dia belajar di hadapan laptop. Alhamdulillah dia punya laptop dan modem. Dia banyak mendownload rekaman kajian para ustadz dan ulama yang ada di internet. Dia buat jadwal belajar rutin. Setiap hari dia menyempatkan waktu 2 jam sebelum Subuh atau 2 jam setelah Isya untuk mendengarkan kajian kitab Bulughul Maram yang dia dapat di internet. Dia dengarkan dengan seksama. Jika ada yang belum jelas, dia ulang-ulang rekamannya. Dia pun mencatatan poin-point penting dari setiap kajian. Dia tidak hanya mendengarkan penjelasan kitab Bulughul Maram dari satu ustadz, tapi dari beberapa ustadz yang membahas kitab yang sama. Dia juga belajar dengan cara membaca artikel seputar pembahasan kitab Bulughul Maram yang banyak bertebaran di internet.

Nah, menurut Anda, siapa kira-kira yang lebih banyak mendapatkan ilmu: Si A atau Si B?

Saya yakin Anda akan menjawab “Si B”.

Lalu, cara belajar seperti apakah yang bagus menurut  Anda? Belajar di hadapan guru langsung atau di hadapan laptop?

Kalau menurut saya cara yang paling bagus ialah dengan menggabungkan kedua cara di atas. Disamping belajar langsung di hadapan guru (tentunya dengan tetap memperhatikan adab-adab dalam menuntut ilmu), juga belajar dengan memanfaatkan berbagai macam sarana yang ada seperti internet, laptop, dsb (tentunya juga dengan tetap memperhatikan adab-adab dalam menuntut ilmu).

Namun sebenarnya tujuan dari dituliskannya artikel ini ialah untuk memberi masukan kepada Anda yang tidak bisa belajar di hadapan seorang guru secara langsung. Dalam belajar ilmu apapun tidak hanya ilmu-ilmu agama. Anda bisa belajar lewat sarana yang lain. Dan insya Allah, jika Anda tahu cara belajar yang efektif, hasil yang Anda peroleh tidak kalah dengan mereka yang belajar di hadapan guru langsung. Bahkan bisa jadi kualitas Anda lebih bagus.

Atau begini. Agar lebih jelas, coba Anda bandingkan dua hal ini. Kita sekarang berbicara tentang ilmu-ilmu dunia.

Anda yang pernah kuliah tentu tahu cara belajar banyak mahasiswa. Mereka datang ke kelas, duduk, diam, sambil mendengarkan dosen menjelaskan. Setelah selesai mereka pulang. Begitu terus setiap hari sampai waktu ujian tiba. Saat ujian, mereka hanya belajar dari soal-soal tahun lalu. Atau cukup belajar dari slide. Selesai ujian, ilmu yang mereka dapat satu semester pun mereka lupakan.

Sekarang kita bandingkan dengan orang yang tidak pernah kuliah. Dia hanya belajar lewat video-video yang dia dapat di internet. Dia dengarkan berulang-ulang video pelajaran yang dia dapat dari guru-guru dalam maupun luar negeri hingga benar-benar faham. Ketika belum faham, dia konsultasi via online.

Kira-kira, mana yang lebih banyak mendaptakan ilmu?

Anda tentu sudah tahu jawabannya, bukan?!

—–oOo—–

 

>>> BAGAIMANA DENGAN BAHASA ARAB?<<<

Untuk Anda yang belum bisa belajar bahasa Arab dihadapan guru secara langsung, Anda bisa menggunakan cara seperti yang saya sebutkan di atas:

–          Jika Anda ingin tahu STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB SECARA OTODIDAK, Anda bisa mendownload ebooknya DI SINI.

–          Jika Anda ingin mendapatkan MOTIVASI + STRATEGI BELAJAR bahasa Arab yang efektif, Anda bisa bermain-main DI SINI.

–          Jika Anda butuh BUKU PANDUAN BELAJAR BAHASA ARAB SECARA OTODIDAK, Anda bisa membelinya DI SINI.

–          Jika Anda butuh sarana BERLATIH membaca ARAB GUNDUL DLL., Anda bisa mengkopi-pastenya DI SINI.

–          Jika Anda ingin latihan baca ARAB GUNDUL di FESBUK, Anda bisa bergabung DI SINI.

–          Jika Ada ingin mengetahui dan mengkaji materi dasar bahasa Arab secara GRATIS, Anda bisa baca-baca DI SINI.

–          Jika Anda sudah bisa bahasa Arab dasar dan ingin mengkaji kitab langsung lewat ulama (berbahasa Arab), Anda bisa mendownload rekaman kajian kitab DI SINI.

–          Dll.

Intinya, BANYAK JALAN MENUJU MEKAH. BANYAK CARA pula untuk menuntut ilmu-ilmu yang berfaidah.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

Jakarta, Jum’at pagi 31 Januari 2014

Muhammad Mujianto Al-Batawie

2 Responses to BELAJAR DI HADAPAN GURU VS BELAJAR DI HADAPAN LAPTOP

  1. Taufik says:

    Pak cara merubah fi’il madhi mjd fi’il mudhore. Apakah kita bebas memilih salah satu dari fi’il mudhore dengan pola yaf’alu ,yaf’ilu, yaf’ulu untuk merubah fi’il madhi dengan poal fa’ala ?

    • mujianto2011 says:

      Untuk tsulatsi mujarrod harus liat kamus. Dengan banyak membaca dan menelaah kita nantinya akan hafal dengan sendirinya.

      Adapun untuk fi’il selain tsulatsi mujarrod, maka kita harus hafalkan pola/wazannya.

      Hal ini sudah saya jelaskan di KITAB FAHIMNA tingkat pemula bagian ilmu shorof. Silakan baca-baca kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: