NASIHAT UNTUK PARA GURU

FA'ILNasihat ini saya tujukan untuk para guru atau siapapun yang saat ini sedang mengajarkan sebuah ilmu yang bermanfaat kepada orang lain. Nasihat ini lahir dari pengalaman saya belajar selama ini dari semenjak SD hingga sekarang ini. Nasihat ini juga lahir dari pengalaman saya mengajar bahasa Arab di beberapa kesempatan. Semoga ada manfaatnya.

 

Begini. Dari hasil pengamatan saya selama ini. Ada DUA HAL PENTING yang sangat berpengaruh besar dalam membawa kesuksesan seseorang dalam belajar apapun. Dua hal itu adalah:

 

>>> KEINGINAN YANG KUAT UNTUK BISA.

>>> METODE YANG TEPAT DALAM BELAJAR.

 

Kalau kita kaitkan dengan bahasa Arab misalnya, maka dua hal penting yang bisa mengantarkan seseorang untuk bisa menguasai bahasa Arab adalah:

 

>>> KEINGINAN YANG KUAT UNTUK BISA BAHASA ARAB.

>>> METODE YANG TEPAT DALAM BELAJAR BAHASA ARAB.

 

Nah, jadi nasihat saya adalah: Disamping Anda dan kita semua menjelaskan pelajaran di kelas, cobalah kita juga bangkitkan keinginan yang kuat dari dalam diri murid-murid kita untuk bisa menguasai pelajaran. Dan juga kita coba beri tahu metode yang efektif dalam mempelajarinya. Atau, kita beri mereka semangat untuk mencari metode yang efektif menurut mereka masing-masing.

 

Jadi kita tidak hanya masuk kelas kemudian mengucapkan “Assalamu’alaikum…….Selamat siang…….Ya, sekarang kita belajar….bla….bla……..Kalau tidak ada pertanyaan……sekian…….”.

 

Nasihat ini juga saya tujukan kepada para penulis buku atau siapapun yang ingin berbagi ilmu. Dan saya di sini hanya pemberi nasihat. Tidak ada paksaan bagi Anda untuk melaksanakannya.

 

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

 

Wallahu a’lam.

 

 

Bogor, Ahad sore 2 Februari 2014

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

