BAHASA ARAB UNTUK PERSIAPAN MENGHADAP ALLAH

SUKSES2Dahulu, tidak pernah terbersit sedikitpun di benak saya untuk belajar bahasa Arab. “Untuk apa belajar bahasa Arab? Saya tidak ingin menjadi seorang ustadz? Saya juga tidak ada keinginan untuk kerja di timur tengah? Jadi ngapain belajar bahasa Arab?”, demikian pikir saya waktu itu.

Namun sekarang pikiran saya berubah. Justru saya kini semakin semangat belajar bahasa Arab. Kenapa? Karena saya ingin bersiap-siap menghadap Allah.

Anda mungkin sudah pernah membaca permisalan yang akan saya sampaikan ini. Namun pada kesempatan kali ini saya ingin mengulangnya. Semoga ada manfaatnya dan semakin menambah semangat kita untuk belajar bahasa Arab.

Permisalannya begini. Misalnya Anda menyuruh karyawan Anda untuk melakukan sebuah tugas. Anda tentu ingin bawahan Anda mengerjakan tugas itu dengan baik, bukan?! Anda tentu tidak ingin bawahan Anda asal-asalan dalam menjalankan tugasnya. Dan Anda akan kecewa berat bahkan mungkin marah jika kemudian bawahan Anda menghadap Anda dengan membawa tugas yang asal-asalan itu.

Sekarang, Allah Subhanahu wa Ta’ala – Yang telah menciptakan kita- telah menyuruh kita untuk beribadah dengan sebaik-baiknya. Maka, sudahkah kita melaksakanan tugas dari Allah ini dengan sebaik-baiknya? Apa yang sudah kita lakukan agar ibadah kita itu bisa baik dan kelak bisa diterima Allah ???

–          Allah menyuruh kita sholat dengan khusyuk. Lalu, sudahkah kita faham dengan bacaan sholat kita?

–          Allah menyuruh kita berdo’a kepadanya. Lalu, sudahkah kita faham dengan doa yang kita ucapkan?

–          Allah menyuruh kita untuk senantiasa berdzikir. Lalu, sudahkah kita tau arti dzikir yang kita lafazkan?

–          Allah menyuruh kita untuk membaca al-Qur’an. Lalu, sudahkah kita merenungi maknanya? Sudah tahukah kita arti setiap ayat yang kita baca?

Tidak bisa dipungkiri, bahasa Arab sangat berpengaruh besar dalam memperbagus ibadah keseharian kita. Namun, sudahkah kita tergerak untuk mempelajarinya?

Mari kita sama-sama belajar bahasa Arab untuk persiapan menghadap Allah kelak. Semoga kita semua dimudahkan Allah untuk mempelajari ilmu-ilmu yang bermanfaat. Amiin.

Jakarta, Sabtu malam 8 Februari 2014

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

