MENYINGKAP MISTERI ILMU NAHWU & SHOROF

MENYINGKAP MISTERI ILMU NAHWU & SHOROF

(PANDUAN UNTUK PELAJAR & PENGAJAR)

—–oOo—–

 MENYINGKAP MISTERI SIP

KATA PENGANTAR

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Terkadang, saat seseorang baru mulai belajar bahasa Arab, dia tidak memiliki pengetahuan yang jelas tentang ilmu yang sedang dia pelajari. Dia tidak mengetahui secara jelas tentang: Mengapa harus belajar ilmu Nahwu dan Shorof? Apa tujuan belajar ilmu Nahwu? Apa tujuan belajar ilmu Shorof? Apa target yang ingin dicapai dari belajar ilmu Nahwu? Apa target yang ingin dicapai dari belajar ilmu Shorof? Kemana arah tujuan belajar ilmu Nahwu dan Shorof?

Sehingga banyak orang yang belajar bahasa Arab-nya mengalir begitu saja. Terutama mereka yang belajarnya hanya mengandalkan buku-buku. Mereka beli buku Nahwu dan Shorof. Kemudian mereka pelajari begitu saja halaman demi halaman tanpa tahu target apa yang seharusnya mereka capai.

Padahal mengetahui arah pembelajaran ilmu Nahwu dan Shorof itu sangat penting. Seorang pelajar yang dari awal telah mengetahui arah pembelajaran ilmu Nahwu dan Shorof tentu belajarnya akan lebih terarah. Sehingga diharapkan dia akan lebih cepat sampai tujuan dibanding orang yang tidak tahu sama sekali.

Mestinya tugas seorang guru lah (atau seorang penulis buku) untuk menjelaskan di awal. Sebelum mulai menjelaskan materi pelajaran, hendaknya dijelaskan terlebih dahulu tujuan belajar ilmu Nahwu dan Shorof. Hendaknya dijelaskan dengan memberikan contoh-contohnya agar semakin jelas.

Sayangnya dari beberapa buku Nahwu-Shorof yang ada, saya tidak menjumpai penjelasan akan hal ini. Dan berdasarkan pengalaman beberapa kali belajar bahasa Arab di bawah bimbingan seorang guru, saya pun tidak mendapatkan penjelasan akan hal ini secarai detail.

Oleh karena itulah saya menulis penjelasan ringkas ini. Harapan saya, dengan membaca penjelasan ringkas ini, kawan-kawan yang saat ini baru belajar bahasa Arab bisa mendapatkan kemudahan dalam proses belajarnya.

Dan buku ini bisa juga digunakan untuk Anda yang saat ini sedang mengajar bahasa Arab. Jika menurut Anda penjelasan ini bagus dan bermanfaat, silakan Anda sampaikan kepada murid-murid Anda di kelas. Anda boleh memfotokopinya.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

Bogor, Sabtu 20 Sya’ban 1434 H/29 Juni 2013

Muhammad Mujianto Al-Batawie

(Penulis Serial Kitab FAHIMNA, Panduan Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak)

—–oOo—–

SILAKAN DOWNLOAD EBOOKNYA DI SINI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: