PENGALAMANKU MENERJEMAHKAN BULETIN BERBAHASA ARAB, KEMUDIAN MENCETAKNYA, LALU MENERBITKANNYA, DAN –ALHAMDULILLAH- TERJUAL 3000-AN EKSEMPLAR

bf85f-photo-0198He..he..he…..Judulnya kepanjangan ya? Intinya lewat tulisan ini saya ingin bercerita sedikit tentang pengalaman saya.

Sebelum saya ceritakan kisah yang satu ini, saya ingin berpesan kepada kawan-kawan semua yang saat ini sudah menyelesaikan buku Nahwu-Shorof tingkat dasar. Terutama yang belajar menggunakan KITAB FAHIMNA. Hendaknya kawan-kawan berlatih menerjemahkan tulisan-tulisan berbahasa Arab. Bisa dimulai dengan menerjemahkan bulletin atau kutaib.

Insya Allah akan banyak manfaat yang kita dapat dengan berlatih menerjemahkan. Diantaranya:

–          Mufrodat bahasa Arab kita akan semakin banyak.

–          Ilmu Nahwu-Shorof kita akan semakin melekat erat di benak.

–          Kita jadi tahu cara membuat rangkaian kalimat dalam bahasa Arab.

–          Kita jadi terlatih menulis dalam bahasa Indonesia.

–          Kita jadi semakin lihai dalam mempergunakan kamus.

–          Kita bisa menerbitkannya di kemudian hari nanti.

–          Dll.

Jadi sekali lagi, mulailah berlatih menerjemahkan. Dan rasakan manfaatnya.

Nah, sekarang saatnya saya bercerita….

Bagi kawan-kawan yang telah membeli SERIAL KITAB FAHIMNA PAKET LENGKAP, di dalamnya saya sertakan BONUS –diantaranya- fotokopi bulletin berbahasa Arab dengan judul “عظيمة الأجر في المحافظة على صلاة الفجر”. Artinya kurang lebih “Besarnya pahala bagi orang yang memelihara sholat subuh”. Perlu kawan-kawan ketahui, bulletin ini dahulu pernah saya terjemahkan, kemudian terjemahannya saya terbitkan. Cerita lengkapnya begini….

Pada tahu 2005 saya pernah membuat penerbitan buku Islam. Namanya PUSTAKA LAKA. Alhamdulillah sudah 4 buku berhasil saya terbitkan. Diantaranya sebuah buku saku berjudul KEISTIMEWAAN SHOLAT SUBUH.

Dari ke-3 buku yang lain, ukuran buku ini paling kecil. Namun, buku ini yang penjualannya paling bagus. Buku ini dicetak sebanyak 3000 eksemplar. Dan Alhamdulillah habis terjual. Sampai-sampai saya sendiri tidak kebagian sisanya. Tadinya saya berencana untuk menjadikan buku ini sebagai bonus pembelian KITAB FAHIMNA. Namun semuanya sudah tiada. File dan buku-buku sudah tidak ada pada saya. Entah kemana perginya saya tidak tahu.

Buku saku KEISTIMEWAAN SHOLAT SUBUH adalah terjemahan dari bulletin berbahasa Arab dengan judul yang sudah saya sebutkan di atas tadi. Seingat saya tidak perlu waktu lama untuk menerjemahkannya. Alhamdulillah bahasanya masih mudah. Kalau tidak percaya, kawan-kawan boleh mencoba untuk menerjemahkannya.

Selesai saya terjemahkan dan saya ketik di komputer, kemudian saya print. Lalu saya edit. Saya baca berulang-ulang. Entah sudah berapa kali saya baca bolak-balik hasil printout-nya. Sepertinya sampai belasan kali. Saya baca dan saya coret-coret. Setelah itu saya betulkan kembali ke komputer.

Setelah saya yakin sudah tidak ada kesalahan lagi, maka saya bagi-bagi tugas dengan kawan saya. Dia saya minta untuk melayoutnya. Adapun tugas saya membuat desain kover buku dengan menggunakan potoshop.

Tak berapa lama, layout buku selesai dan desain cover pun selesai. Saya pun kemudian berdua kawan saya membawa file naskah buku beserta cover-nya ke percetakan yang ada di daerah Salemba Jakarta. Awalnya terjadi tawar menawar dengan fihak percetakan. Hingga akhirnya disepakati harga cetak 3000 eksemplar sebesar 2 Juta rupiah.

Seingat saya, tidak sampai seminggu buku selesai dicetak. Kemudian saya mengambil dengan menggunakan mobil dari Bogor. Lalu, buku itu saya pasarkan ke seluruh Indonesia.

Demikian sedikit kisah pengalaman saya. Semoga bermanfaat.

Intinya, cobalah untuk sedikit demi sedikit berlatih menerjemahkan literature-literatur berbahasa Arab. Bisa jadi suatu saat Anda punya kesempatan dan kemampuan untuk menerbitkan hasil terjemahan Anda.

Sekian.

Jakarta, Sabtu Sore 15 Februari 2014

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: