BAHASA ARAB UNTUK MUSLIMAH & UMMAHAT

Photo-0154Tetangga samping rumah saya ada seorang anak SD kelas 2 sekolah umum. Sebut saja namanya Bunga. Dia berasal dari Jawa. Rencananya tahun ajaran baru ini akan pindah ke Jawa dan akan dimasukkan sekolah Islam.

Sebagaimana sekolah Islam pada umumnya, di SD yang akan dituju ada pelajaran bahasa Arabnya. Tentu saja pembahasannya masih mudah sesuai dengan usia mereka. Namun, karena orang tuanya tidak bisa bahasa Arab, nenek dari anak ini meminta istri saya untuk mengajarkan bahasa Arab kepadanya. Dia berikan buku pelajaran bahasa Arab yang kelak akan dipakai. Istri saya pun menyanggupi, karena materi pelajarannya masih sangat mudah baginya. Seminggu tiga kali Si Bunga belajar bahasa Arab dasar dengan istri saya.

Terfikir oleh saya kemudian sebuah ide untuk menyusun sebuah buku panduan bagi para orang tua, terutama para ibu-ibu. Buku panduan itu rencananya berisi kaidah-kaidah dasar bahasa Arab yang bisa digunakan untuk menemani anak yang masih TK/SD belajar bahasa Arab.

Namun kemudian saya urungkan niat saya itu. Sebab setelah saya fikir-fikir, dengan KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA saja sudah lebih dari cukup untuk bekal mengajarkan anak bahasa Arab dasar. Dan KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA ini bisa untuk dipelajari oleh para orang tua dalam waktu yang tidak terlalu lama.

>>> SARAN

Nah, melalui tulisan ini saya ingin memberi masukan kepada Anda semua para orang tua yang ingin memasukkan anaknya ke sekolah Islam. Terutama para muslimah dan ummahat. Cobalah pelajari bahasa Arab tingkat dasar. Insya Allah akan sangat bermanfaat.Untuk Anda dan untuk anak-anak Anda. Tentu akan akan sangat menyenangkan sekali jika seorang ibu bisa mengajarkan sendiri bahasa Arab kepada anak-anaknya. Betul?!

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Jakarta, Ahad malam 16 Februari 2014

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

