BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN “JURUS TEMPEL”

 

JURUS TEMPEL

Menurut saya, diantara cara belajar bahasa Arab yang efektif ialah dengan membuat ringkasan. Sebisa mungkin kita buat ringkasan yang bisa mengingatkan kita pada semua materi yang sudah kita pelajari. Kalau bisa, buat satu lembar ringkasan yang bisa membangkitkan ingatan kita pada semua materi yang ada di dalam sebuah buku.

Alhamdulillah, saya sudah membuatkan dua lembar ringkasan untuk kawan-kawan saya di Bogor yang ikut belajar bahasa Arab bersama saya. Satu lembar ringkasan ILMU SHOROF dan satu lembar lagi ringkasan ILMU NAHWU.

Untuk ringkasan ILMU SHOROF –alhamdulillah- sudah diketik komputer. Antum bisa mendownloadnya DI SINI.

INTISARI ILMU SHOROF2

Namun, untuk ringkasan ILMU NAHWU yang satu lembar baru bisa saya tulis tangan. Sebab lumayan rumit juga mengetiknya di komputer.

intisari ilmu nahwu

Adapun yang terdiri dari beberapa lembar bisa dilihat di KITAB FAHIMNA LATIHAN BACA KITAB & INTISARI ILMU SHOROF. Atau di dalam ebook INTISARI ILMU NAHWU yang ada DI SINI.

INTISARI ILMU NAHWU

Saran saya kepada Antum semua yang sudah punya ringkasan:

–          Fotokopi ringkasan menjadi ukuran A3. Kalu tidak salah, biaya fotokopi perbesar cuma seribu rupiah.

–          Tempel ringkasan di tempat yang sering Antum lihat. Misalnya di kamar tidur atau ruang belajar. Nah, inilah yang saya maksud JURUS TEMPEL.

–          Baca setiap hari sambil mengingat-ingat materi yang sudah dipelajari.

Saran ini sudah saya sampaikan kepada murid-murid saya. Alhamdulillah mereka mematuhinya. Pernah suatu ketika saya main ke kamar salah seorang murid bahasa Arab saya. Saya lihat di dinding kamarnya tertempel ringkasan ilmu shorof berukuran A3. Dan dia termasuk orang yang lulus ujian ilmu Shorof di kelas.

Demikian saja. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Wallahu a’lam.

Bogor, Rabu pagi 26 Robiul Akhir 1435H/26 Februari 2014

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

