DUA JURUS SAKTI UNTUK BISA BACA KITAB GUNDUL

SUKSES5Beberapa hari yang lalu saya mendapat SMS dari salah seorang yang ingin membeli KITAB FAHIMNA. Akhirnya beliau pun membeli KITAB FAHIMNA PAKET LENGKAP. Isi SMSnya begini:

“Afwan ustadz, mau tanya sekalian. Ana udh belajar bahasa arab udh gk kehitung. Tp gk bisa2 baca kitb gundul. Klo ustadz punya buku latihan baca kitab + audio ny. Ana mau beli jg. Kemudian ana minta do’any. Mudh2an dg kitab fahimna ini, ana mampu membaca kitab gundul”. (SMS diterima tanggal 08/03/2014 pukul 11:56:44 WIB)

Waktu itu saya sudah balas SMSnya secara singkat. Namun pada kesempatan ini saya ingin memberikan jawaban yang agak mendetail. Semoga bisa diambil faidahnya.

Pertama saya ingin katakan diantara target dipelajarinya KITAB FAHIMNA adalah untuk bisa baca kitab gundul. Target awal bisa baca kitab-kitab ringkas (kutaib) karya para ulama. Untuk meraih target ini saya sudah sediakan segala sesuatu yang dibutuhkan, seperti:

–          Kaidah Nahwu-Shorof yang terdapat di SERIAL KITAB FAHIMNA (1-10)

–          Sarana latihan baca kitab yang terdapat di dalam BONUS PEMBELIAN LENGKAP yang diberikan.

–          Sarana latihan membaca kalimat dan paragraf pendek berbahasa Arab tanpa harokat yang ada di blog INI.

–          Motivasi dan strategi sukses belajar bahasa Arab yang ada di blog INI.

–          Dll.

Namun saya belum punya sarana latihan yang khusus berupa audio. Cuma beberapa latihan saja yang saya buat audionya. Misalnya TRANSKRIP ULAMA yang saya sertai audio rekamannya dan bisa didownload gratis dengan memanfaatkan link yang sudah saya sertakan di dalam BUKU TRANSKRIP. Lihat bukunya di SINI.

Namun, sarana yang sudah saya berikan insya Allah cukup untuk bekal baca kitab gundul tingkat dasar.

Nah, ini yang pertama. Kemudian yang selanjutnya, pada kesempatan ini saya ingin sampaikan dua jurus yang bisa digunakan dalam belajar bahasa Arab khususnya bagi yang ingin bisa baca kitab gundul.

>>> Jurus “ATM”

Yang pertama jurus ATM. Saya yakin kawan-kawan banyak yang sudah tau kepanjangan dari ATM. Ya, benar sekali! ATM adalah singkatan dari Amati, Tiru, & Modifikasi. Jurus ini bisa juga digunakan untuk hal lain. Misalnya untuk bisnis dll.

Nah, jika kita ingin bisa baca kitab gundul coba cari orang yang sudah bisa baca kitab gundul. Amati darinya tentang: Bagaimana dia belajar? Buku apa saja yang dia pelajari? Sarana belajar apa saja yang dia gunakan? Kepada siapa dia belajar? ……Dll.

Setelah itu bisa ditiru dan dilakukan modifikasi. Misalnya dia belajar sehari 3 jam. Namun karena kita sibuk, maka kita bisa modif menjadi 1 jam belajar saja. Mungkin proses yang kita jalani nantinya akan lebih lama. Namun tidak mengapa. Yang penting intinya kita bisa baca kitab gundul, kan?!

Jadi, coba terus amati…tiru…modifikasi….amati….tiru….modifkasi. Jika kawan-kawan merasa kesulitan untuk mendapatkan orang yang biasa diamati, kawan-kawan bisa membaca ebook yang sudah saya susun tentang STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB SECARA OTODIDAK. Silakan download gratis di SINI.

Ini jurus pertama.

>>> Jurus “Makan Bubur”

Jurus ini pernah saya bahas di SINI. Intinya sama dengan pepatah yang mengatakan “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”.

Jika kita ingin bisa baca kitab gundul, kita bisa berlatih secara bertahap. Pelan-pelan saja. Dimulai –misalnya- dari latihan membaca satu  kalimat demi satu kalimat. Atau satu paragraph demi satu paragraph. Insya Allah lama kelamaan kita akan dengan mudah membaca kitab-kitab gundul yang berisi puluhan bahkan ratusan halaman.

Kawan-kawan bisa gunakan sarana berlatih yang sudah saya berikan DI SINI. Atau di BONUS yang sudah saya berikan di dalam paket FAHIMNA LENGKAP.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

Bogor, Senin dini hari (03:28) 8 Jumadal Ula 1435H/10 Maret 2014M

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

