JANGAN TAKUT DENGAN KITABUT TASHRIF !

kitabut tashrifTerkait dengan KITABUT TASHRIF, ada beberapa SMS yang masuk ke HP saya. Diantaranya dua SMS berikut. Isinya kurang lebih begini:

 

>>> SMS 1

 

“Assalamu’alaikum. Alhamdulillah, saya sementara dalam pembelajaran kitab FAHIMNA TINGKAT PEMANTAPAN & LATIHAN BACA KITAB GUNDUL. Insya Allah pekan depan murojaah. Beberapa waktu lalu saya ke toko buku kemudian lihat KITABUT TASHRIF. Setelah saya buka saya tidak jadi beli karena berbahasa Arab. Qadarullah semalam saya cari Kitab Tashrif di Internet ternyata dapat blog ustadz yang menceritakan pengalamannya tentang KITABUT TASHRIF yang mengatakan bahwa bahasanya Melayu cuma dalam huruf Hijaiyah. Alhamdulillah tadi siang saya kembali ke toko buku untuk beli. Ternyata betul berbahasa Indonesia dalam huruf Hijaiyah. Insya Allah saya gunakan kitab ini untuk meningkatkan ilmu bahasa Arab saya. Jazakumullahu khairan. Barakallahu fiikum.”

 

>>> SMS 2

 

“Assalamu’alaikum tadz? Kaifa haaluk? Kok ana memahami KITABUT TASHRIF agak kesulitan ya, terutama cara membaca Arab melayunya itu. Padahal penerangannya ada di Arab melayu itu? Gimana nih tadz?”

 

—–oOo—–

 

Adapuan komentar saya tentang KITABUT TASHRIF adalah sebagai berikut:

 

  1. Menurut saya, KITABUT TASHRIF adalah kitab Shorof terbagus di Indonesia yang sangat layak untuk dipelajari oleh para pelajar bahasa Arab, terutama para pemula. Saya sangat merekomendasikannya.
  2. KITABUT TASHRIF bisa dipelajari secra otodidak insya Allah. Saya sendiri sudah membuktikannya (BACA pengalaman saya di SINI). Dan bagi Anda yang sudah mempelajari KITAB FAHIMNA, saya yakin bisa mempelajarinya dengan mudah.
  3. Dibutuhkan kesabaran tinggi untuk bisa menyelesaikan KITABUT TASHRIF. Sebab cukup banyak pola kata yang harus dihafal. Saya sarankan untuk menggunakan JURUS MAKAN BUBUR dalam mempelajarinya.
  4. JANGAN TAKUT dengan KITABUT TASHRIF karena tulisannya Arab semua. Kenapa? Sebab sebenarnya KITABUT TASHRIF itu penjelasannya dengan bahasa Indonesia. Hanya saja ditulis dengan huruf hijaiyyah. Orang-orang biasa menyebutnya dengan huruf Arab melayu. Baca saja pelan-pelan dan coba fahami sedikit demi sedikit. Insya Allah Anda akan dengan mudah memahaminya.
  5. Bagi Anda yang ingin membeli KITABUT TASHRIF, bisa langsung ke toko kitab atau beli lewat internet.
  6. Jika Anda menemui kesulitan dalam mempelajari KITABUT TASHRIF, silakan untuk mengajukan pertanyaan lewat blog saya https://pustakalaka.wordpress.com dan http://kedaibahasaarab.blogspot.com. Barangkali saja saya bisa membantu.

 

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

 

 

Bogor, Selasa pagi 8 Jumadal Akhira 1435H/8 April 2014

 

Muhammad Mujianto Al-Batawie

One Response to JANGAN TAKUT DENGAN KITABUT TASHRIF !

  1. […] untuk mempelajari KITBUT TASHRIF bagian 2 & 3 karena banyak hal yang harus dihafal. Namun jangan takut! Gunakan jurus makan bubur untuk bisa menaklukkan KITABUT […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: