BELAJAR BAHASA ARAB DARI ANAK SD

anak sdKali ini saya akan mengajak Antum semua untuk belajar bahasa Arab dari anak SD. Maksudnya bukan belajar materi bahasa Arab dari anak SD. Tapi belajar tentang bagaimana caranya belajar bahasa Arab dari anak SD.

 

Saya yakin Antum semua pernah ngerasain sekolah SD. Ketika awal-awal masuk SD, Antum tentu masuk kelas satu terlebih dahulu. Iya, nggak?! Antum tidak langsung belajar di kelas 2, 3, apalagi 4.

 

Kemudian, ketika awal-awal belajar, Antum diajarkan materi-materi yang sederhana terlebih dahulu. Ketika belajar hitungan, dimulai dari hitungan-hitungan yang paling mudah terlebih dahulu. Dimulai dari tambah-tambahan, pengurangan, dst. Dan itupun dimulai dari yang gampang seperti: 1+1=2…1+2=3…..dst.

 

Kemudian ketika belajar membaca dan menulis, dimulai dari yang ringkas-ringkas terlebih dahulu. Dimulai dari belajar mengenal huruf. Kemudian kata. Lalu kalimat pendek. Baru setelah itu belajar rangkaian kalimat pendek.

 

Saya masih ingat sampai sekarang. Ketika SD kelas satu dulu, di buku pelajaran membaca ada cerita pendek begini:

 

Tupai

 Ada tupai di pohon kelapa. Budi melihat tupai. Tupai itu lari.

 

Sederhana sekali, bukan?!

 

Jadi, materi pelajarannya dimulai dari yang sederhana. Pelan-pelan materi dipelajari. Sedikit demi sedikit akhirnya kita semua kini bisa membaca, menulis, dan berhitung dengan lancar.

 

Nah, dari apa yang kita lakukan saat belajar di SD ini seharusnya bisa kita lakukan juga saat belajar bahasa Arab. Terutama kita-kita yang belajarnya secara otodidak.

 

Ada dua hal dalam belajar yang saya sarankan:

 

>>> Mulailah dari DASAR!

 

Ketika kita baru belajar bahasa Arab, maka mulailah dari dasar. Pelajari kitab-kitab nahwu dan shorof tingkat dasar. Cari kitab yang ringkas dan mudah untuk difahami. Bagi Antum yang sudah punya KITAB FAHIMNA (Panduan Belajar Bahasa Arab Secara OTODIDAK), mulailah dari FAHIMNA TINGKAT PEMULA. Baru setelah itu meningkat ke FAHIMNA TINGKAT DASAR, LANJUTAN, & PEMANTAPAN.

 

>>> Pelan-pelan, Jangan Tergesa-gesa!

 

Ya, belajarlah secara perlahan. Jangan tergesa-gesa! Sedikit tidak mengapa. Yang penting setiap hari ada peningkatan.

 

Sehari hanya belajar satu jam tidaklah mengapa. Terus lakukan itu. Insya Allah, jika kita istiqomah dalam belajar, dalam waktu sebulan dua bulan kita akan merasakan perubahan yang luar biasa dalam diri kita.

 

Ketika belajar membaca tulisanArab gundul, mulailah dari kalimat-kalimat yang ringkas atau paragraf singkat (Seperti materi yang saya berikan di SINI & SINI). Sehari hanya satu paragrap tidaklah mengapa. Teruslah berlatih setiap hari.

Ingat pengalaman waktu SD dulu. Setiap hari kita belajar dan berteriak-teriak di kelas sambil membaca “Ini Budi….Ini Ibu Budi….Iwan adik Budi…..Wati kakak Budi….!”. Akhirnya, kita kini bisa membaca dengan lancar, kan?! Jangan tulisan satu paragrap. Satu buku tebal kini kita bisa membacanya dengan mudah. Kita pun kini bisa menulis dengan mudah.

belajar membaca sd1

Nah, dua hal ini hendaknya kita terapkan saat baru memulai belajar bahasa Arab:

MULAILAH DARI DASAR & BELAJARLAH SECARA PERLAHAN-LAHAN!

 

Semoga bermanfaat.

 

Wallahu a’lam.

 

 

 

Bogor, waktu sahur 22 Jumadal Akhiroh 1434H/22 April 2014

 

Muhammad Mujianto al-Batawie

 

One Response to BELAJAR BAHASA ARAB DARI ANAK SD

  1. berarti harus seperti kata pepatah — sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit —

    Bahasa adalah skill jadi praktek adalah langkah penting.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: