PERKEMBANGAN BELAJAR PEMBACA KITAB FAHIMNA DI SULAWESI

Telah masuk SMS dari salah seorang PEMBACA KITAB FAHIMNA di Sulawesi.

 jangan berhenti

“Assalamu ‘alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh. Semoga ustadz dan keluarganya dalam keadaan sehat selalu. Alhamdulillah saya sudah di Kitab Tashrif bagian II. Saya mulai terasa berat karena banyak kaidah yang harus difahami. Tapi dengan banyaknya wazan fi’il yang diketahui memudahkan saya mencari arti kata dalam kamus. Alhamdulillah saya sudah mulai bisa sedikit baca kitab gundul dengan mencoba menerjemahkan satu kitab ulama. Selain itu juga banyak mufrodat saya ketahui. Insya Allah saya akan terus berlatih supaya semakin lancar. Jazakumullahu khairan. Barakallahu fiikum.”

(M Syahrir, Makassar Sulawesi Selatan)

—–oOo—–

KOMENTAR SAYA:

 

  1. Bagi Antum yang sudah menyelesaikan seluruh pelajaran shorof di KITAB FAHIMNA, sangat saya sarankan untuk mempelajari KITABUT TASHRIF. Kitab bisa dibeli di toko kitab atau via online. Silakan searching di google.kitabut tashrif
  2. Kitabut Tashrif insya Allah akan mudah dipelajari jika Antum sudah faham materi shorof yang ada di KITAB FAHIMNA. Jadi, pelajari dulu ilmu shorof di KITAB FAHIMNA, baru pindah ke KITABUT TASHRIF.
  3. Kitabut Tashrif dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama adalah yang termudah karena hanya membahas fi’il shohih. Namun, jangan remehkan bagian satu. Pelajari dengan sungguh-sungguh hingga benar-benar faham dan hafal! Sebab, bagian satu adalah bekal untuk bisa memahami bagian 2 dan 3.
  4. Dalam KITABUT TASHRIF bagian 2 & 3 akan dibahas tashrif fi’il mu’tal beserta kaidah-kaidah perubahannya. Pelajari saja secara perlahan. Sehari hanya satu wazan tidaklah mengapa. Yang penting faham dan tidak membebani diri.
  5. Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk mempelajari KITBUT TASHRIF bagian 2 & 3 karena banyak hal yang harus dihafal. Namun jangan takut! Gunakan jurus makan bubur untuk bisa menaklukkan KITABUT TASHRIF.
  6. Dengan mempelajari KITABUT TASHRIF, Antum akan mendapatkan banyak sekali mufrodat. Terutama yang berkaitan dengan fi’il.
  7. Dengan mempelajari KITABUT TASHRIF Antum akan semakin mudah untuk membaca tulisan berbahasa Arab. Sebab bentuk-bentuk polanya banyak yang sudah biasa Antum lihat saat belajar KITABUT TASHRIF.
  8. Jika Antum telah menyelesaikan KITAB FAHIMNA (Minimal FAHIMNA TINGKAT LANJUTAN), mulailah berlatih untuk membaca tulisan gundul. Pelajari KITAB FAHIMNA LATIHAN BACA KITAB atau gunakan BONUS atau soal-soal latihan yang ada di SINI, di SINI, atau di SINI.
  9. Berlatihlah pula menerjemahkan tulisan-tulisan berbahasa Arab.
  10. Jika masih ada yang belum faham, segera tanyakan kepada orang yang sudah faham.

 

Demikian. Semoga bermanfaat.

 

 

Bogor, Senin pagi 21 Jumadal Akhiroh 1434H/21 April 2014

 

Muhammad Mujianto al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: