BAHASA ARAB & LAYANG-LAYANG

bikin layanganWaktu kecil dulu saya senang sekali bermain layang-layang. Biasanya waktu liburan panjang sekolah. Layang-layang saya dapat dari membeli atau dari hasil rebutan layangan putus. Namun sesekali waktu saya membuatnya sendiri.

 

Antum yang pernah bikin layangan tentu tau bahwa dalam pembuatannya ada tiga tahapan:

 

–          Tahapan pembuatan kerangka.

–          Tahap penempelan kertas.

–          Tahap menghias.

 

Dari tiga tahapan ini, tahap pertamalah yang paling menentukan. Jika kerangka layangan tidak bagus (Misalnya: bambu yang digunakan terlalu besar, tidak sama kiri dan kanannya, dll.), maka semahal apapun kertas yang kita gunakan dan sebagus apapun hiasan yang kita berikan, layang-layang tidak akan bisa mengudara.

 

Maka, tahap pertama inilah yang paling menyita waktu banyak. Harus benar-benar telaten dalam membuatnya. Bambunya harus benar-benar diukur diameternya agar tidak kebesaran dan kiri kanan kerangka pun harus diperhatikan agar bisa benar-benar sama. Setelah yakin kerangka sudah bagus, baru kemudian beranjak ke tahap berikutnya.

 

Nah, ternyata proses pembuatan layang-layang tidak berbeda dengan proses belajar bahasa Arab. Secara umum ada tiga tahapan atau tiga tingkatan juga. Yaitu:

 

–          Tingkatan pemula.

–          Tingkatan lanjutan.

–          Tingkatan mahir.

 

Dari tiga tingkatan ini, tingkat pemulalah yang paling menentukan sukses tidaknya seseorang dalam belajar bahasa Arab. Jika seseorang bisa melewati tingkat pemula dengan sangat baik, insya Allah dia akan bisa memasuki tingkat selanjutnya dengan mudah. Namun, jika tingkat pemula saja masih samar alias setengah faham, tingkatan selanjutnya akan berat untuk ditapaki. Bahkan banyak pelajar bahasa Arab yang akhirnya tidak bisa melanjutkan pelajaran karena lemah di tingkat dasar.

 

Jadi intinya, saat kita belajar bahasa Arab, pelajarilah materi ditingkat dasar dengan baik. Pelajari terus hingga benar-benar faham. Ulang-ulangi terus pelajarannya. Jangan pernah bosan untuk muroja’ah. Tidak mengapa kita berlama-lama di tingkat dasar. Sebab tingkat dasar sangat penting untuk modal belajar di tingkat selanjutnya.

 

Demikin saja. Semoga bermanfaat.

 

Wallahu a’lam.

 

layang-layang1

 

Bogor, Kamis menjelang Subuh 24 Jumadal Akhiroh 1434H/24 April 2014

 

Muhammad Mujianto al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: