DARI SD UMUM KE MADRASAH

bertanyaPertanyaan:

“Anak saya berasal dari SD umum,trus melanjutkan ke MTs. Nah bagaimana caranya supaya mudah belajar bahasaArab?”

 

Jawaban:

 

Saran saya adalah sebagai berikut:

 

–          Pastikan anak Anda lancar membaca al-Qur’an. Sebab modal terpenting untuk bisa belajar bahasa Arab dengan baik dan lancar adalah bisa membaca al-Qur’an dengan lancar.

 

 

–          Kemudian, selain lancar membaca al-Qur’an, anak Anda sebaiknya juga bisa menuliskan huruf-huruf Arab. Sehingga saat menulis huruf-huruf Arab dia tau, kapan huruf itu bisa disambung dengan kata sebelum dan setelahnya, kapan tidak boleh, kapan harus dipisah, bagaimana kalau posisinya di tengah, dll, Buku tentang cara menulis huruf-huruf Arab bisa didapat dengan mudah di toko-toko buku agama. Biasanya bukunya itu tipis sehingga bisa dipelajari dalam waktu tidak terlalu lama.

 

 

–          Sebaiknya Anda sebagai orang tua mempelajari terlebih dahulu kaidah dasar bahasa Arab (Nahwu-Shorof). Setelah itu Anda ajarkan kaidah itu kepada anak Anda untuk bekal dia belajar di madrasah. Alhamdulillah sekarang ini sudah banyak beredar buku-buku kaidah bahasa Arab yang ringkas dan ditulis dengan bahasa Indonesia. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko buku. Atau kalau mau, Anda bisa gunakan buku yang sudah saya tulis, yaitu KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA. Buku ini insya Allah bisa dipelajari dengan mudah dan cepat meskipun oleh orang awam yang baru mengenal ilmu bahasa Arab. Seorang bapak pernah menulis testimoni begini:

“Alhamdulillah, kitab Fahimna bisa sy pelajari dan pahami dgn baik, dan sekaligus dpt sy ajarkan kpd anak sy yg akan tamat SD sbg bekal masuk pesantren thn 2014 ini. Terus terang, sy cuma tamatan SMA yg tdk pernah belajar dasar2 bhs arab sama sekali. Tapi dgn semangat kuat, Allah memudahkan sy memahaminya.  Trims byk sy haturkan kpd penulis.” (Selesai kutipan)

 “Alhamdulillah, paket sdh sampai 3 hr yg lalu. Benar2 mantap buku Fahimna, sy yg nol besar ndak pernah belajar bhs arab sama sekali tapi sy mampu dgn mudah memahami buku tsb krn sistematis dan runut. Tksh atas tulisan2 Bapak, semoga membawa berkah dunia akhirat. Amin3x. Wasalam, Umar. Lamongan/gresik” (Selesai kutipan)

(TESTIMONINYA bisa dibaca di SINI)

Baca testimoni lainnya yang ada di SINI.

 

Atau, Anda bisa pelajari ebook SIAPA BILANG BAHASA ARAB SUSAH?!: MEMBANGUN PONDASI BAHASA ARAB yang bisa didownload di SINI.

 

 PONDASI NAHWU

–          Di saat Anda sedang mempelajari kaidah bahasa Arab, saat itu pula Anda berikan anak Anda buku yang sama. Jadi Anda dan anak Anda sama-sama belajar. Jika Anak Anda sudah faham, berarti Anda tidak perlu lagi mengajarinya. Anda cukup memberikan latihan-latihan saja sebagai ujian. Namun jika dia belum faham, baru Anda berikan pemahaman. Biasanya orang tua lebih mudah faham dibanding anak kecil yang sekolah di SD umum.

 

 

–          Miliki buku panduan bahasa Arab yang digunakan di madrasah tempat anak Anda nantinya akan sekolah disitu. Coba baca-baca dan pelajari isi buku itu. Gunakan kemampuan bahasa Arab yang sudah Anda punya. Pelan-pelan Anda bisa ajarkan buku panduan itu kepada anak Anda sehingga dia nantinya punya persiapan sebelum masuk sekolah. Syukur-syukur dia sudah faham materi pelajaran sebelum gurunya nanti menjelaskan.

 

Barangkali ini saja jawaban yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat. Jika ada pembaca blog saya ini yang ingin menambahkan, saya persilakan.

 

Wallahu a’lam.

 

Bogor, Kamis ba’da Zuhur 24 Jumadal Akhiroh 1435H/24 April 2014

 

Muhammad Mujianto al-Batawie

4 Responses to DARI SD UMUM KE MADRASAH

  1. abi budi says:

    Aslmkm,.. ustdz muji.
    كيف حالك ؟
    مَتَ اُرِدُ تَمَارِيْنُ لُّغَةُ العَرَبِيَةُ فِيْ بُوْغُوْرْ….؟
    إِنْ شَاء الله اَنَا kalo ada kesempatan ikut.
    جَزَاكُمُ الل خَيْرًا وَ كَشِيرًا

    • mujianto2011 says:

      و عليكم السلام و رحمة الله
      الحمد لله أنا بخير، و أأنت؟؟
      عفوا لا أفهم قولك، ماذا تقصد؟
      و إياكم

  2. abi budi says:

    .آسف أتار أعصابة اَنْتَ يَا أُسْتاذ مَتَ دورات اللُغَةُ العَرَبِيَّةُ فِي بُوْغُور..؟

  3. mujianto2011 says:

    لا أدري، سأعلن هنا إذا كانت موجودة إن شاء الله

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: