MURID-MURID SAYA YANG BERHASIL

SUKSES3Alhamdulillah, dari semenjak pertama kali saya mengajar bahasa Arab (kalo nggak salah tahuan 2005-an) hingga tahun 2013an, murid-murid saya sudah tak terhitung. Bukan karena saking banyaknya murid. Tapi memang saya nggak pernah ngitungin🙂 Ada yang belajarnya sampai selesai dan ada yang tidak. Ada yang selesai belajar beberapa kitab dan ada yang baru beberapa lembar sudah nggak dateng-dateng lagi.

 

Saya tidak tau keadaan mereka sekarang. Apakah mereka masih suka belajar bahasa Arab atau tidak. Tapi yang saya dengar, ada beberapa orang yang masih suka buka-buka buku Nahwu hingga sekarang. Bahkan sebagiannya ada yang pernah menjadi pengajar bahasa Arab.

 

Pada kesempatan ini saya akan ceritakan sedikit tentang dua orang murid saya. Mereka berdua bisa saya katakan berhasil alias sukses dalam belajar bahasa Arab. Sebab mereka kini bisa belajar sendiri kitab-kitab Nahwu-Shorof tingkat lanjutan (berbahasa Arab) tanpa bimbingan guru langsung. Sebut saja nama mereka berdua Ahmad dan Hamid.

 

>>> Si Ahmad

 

Ahmad adalah seorang murid yang semangat dan bersungguh-sungguh. Dia serius dalam belajar. Dia pernah belajar dua kitab bersama saya: Kitab al-Muyassar (Nahwu tingkat pemula berbahasa Arab) dan Kitab Mulakhosh (Nahwu-Shorof tingkat lanjutan berbahasa Arab). Selain itu dia juga belajar tashrifan dan cara meng-I’rob.

 al-muyassar

Namun kita tidak pernah belajar mengkaji kitab sampai selesai. Selalu berhenti di tengah jalan. Bukan karena Si Ahmad yang mengundurkan diri. Namun karena memang kelasnya bubar disebabkan satu dan lain hal. Walaupun begitu, Si Ahmad tetap semangat belajar di rumah. Bahkan dia punya keinginan untuk mengajarkan bahasa Arab kepada keluarganya.

 

Kalau saya perhatikan, Si Ahmad adalah seorang murid yang rajin. Dia hampir tidak pernah bolos. Dia selalu hadir awal-awal. Kalau diberi PR, dia serius dan semagat mengerjakannya. Kalau disuruh menghafal, diapun menghafal dengan sungguh-sungguh.

 

Keinginannya untuk bisa bahasa Arab sungguh sangat kuat. Saya melihat hal ini dari semangatnya dalam menghadiri pelajaran meski ditempat yang jauh dari rumahnya. Pernah ceritanya waktu itu saya pindah rumah ke tempat yang agak jauh dari rumahnya. Kalau naik angkot harus 3 kali naik angkot dari rumahnya. Dan di rumah yang baru, saya adakan pelajaran bahasa Arab untuk pemula. Si Ahmad pun ikut. Padahal belajarnya itu ba’da Isya dan selesai kadang hingga larut malam.

 

Karena dia tidak pernah selesai belajar satu kitab bersama saya, sedangkan saya lihat dia adalah seorang murid yang rajin, maka saya pun berinisiatif untuk mengajaknya ikut dauroh bahasa Arab di Gresik Jawa Timur. Saya ajak dia ikut kelas lanjutan. Jadi saya dan dia waktu itu belajar di kelas yang sama. Waktu itu saya ikut dauroh karena ingin muroja’ah kitab Mulakhos karena beberapa tahun sebelumnya saya sudah pernah ikut dauroh di tempat yang sama.

 MULAKHASH

Si Ahmad mengikuti dauroh dengan penuh semangat. Bahkan saat sakit pun dia tetap semangat hadir dikelas. Ceritanya waktu itu dia terkena penyakit semacam typus. Badannya panas dan kepala agak pusing-pusing. Namun walaupun kondisinya lemah, dia tetap paksakan datang ke kelas untuk belajar.

 

“Rugi kalo sampe ketinggalan satu materi saja” ucapnya waktu itu.

 

Alhamdulillah dia berhasil mengikuti dauroh sampai selesai. Sekitar 25 hari lamanya. Bahkan dia berhasil menjadi juara 3 di kelasnya mengalahkan banyak peserta dauroh yang berasal dari pondok-pondok pesantren yang hampir setiap harinya belajar bahasa Arab. Beda dengan Si Ahmad yang hanya lulusan sekolah umum dan belajar bahasa Arabnya tidak seintensif santri pondokan.

 

Dia kini bisa belajar sendiri bahasa Arab. Dia banyak belajar dari kitab-kitab dan juga dari internet. Dia juga pernah mengajar bahasa Arab untuk kawan-kawannya. Dan terkadang, saya mendapatkan ilmu baru dari dia saat kita berdua bertemu dan ngobrol tentang materi bahasa Arab.

 

 

 

Bersambung….

Leave a Reply

