IBU RUMAH TANGGA INGIN BISA BACA KITAB GUNDUL

bertanyaPertanyaan:

 

“Ustadz, saya seorang ibu rumah tangga yang masih awam. Saya ingin sekali bisa baca kitab gundul. Sekarang saya sedang kursus bahasa Arab. Namun buku panduan yang digunakan itu berbahasa Arab gundul sehingga saya bingung dan merasa sulit untuk memahaminya. Bagaimana solusinya?”

 

Jawaban:

 

Siapapun Anda, insya Allah bisa untuk membaca kitab gundul. Meskipun Anda adalah seorang ibu rumah tangga, bapak rumah tangga, petani, nelayan, dll., jika Anda punya KEINGINAN KUAT untuk bisa dan tau METODE YANG TEPAT dalam belajar, insya Allah Anda akan bisa meraih apa yang Anda inginkan. Jadi intinya adalah: KEINGINAN KUAT & METODE TANG TEPAT. Silakan baca penjelasan lebih rinci tentang kedua hal ini di ebook STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB SECARA OTODIDAK. Ebook bisa didownload gratis di SINI.

 

Kemudian, jika Anda belajar bahasa Arab bukan di pondok pesantren (yang mana di pesantren itu belajarnya hampir setiap hari dan dibimbing langsung oleh guru), maka saya sarankan Anda untuk menggunakan buku panduan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

 

–          Berbahasa Indonesia. Kenapa? Sebab Anda akan lebih mudah dan ringan dalam memahaminya. Anda bisa membacanya sendiri tanpa bimbingan guru secara langsung. Jadi Anda bisa belajar kapanpun tanpa tergantung dengan keberadaan guru. Berbeda halnya jika Anda belajar menggunakan buku panduan yang full berbahasa Arab. Anda butuh guru yang menerjemahkannya terlebih dahulu. Kalau pun Anda pelajari sendiri, Anda akan kesulitan dalam proses penerjemahan karena baru belajar. Belum lagi untuk memahaminya.

–          Banyak latihan dan tersedia kunci jawaban. Biasanya dengan banyak latihan seseorang akan semakin faham dengan materi yang dia pelajari. Kemudian, jika dia belajar sendiri, dengan adanya kunci jawaban, dia jadi tau tingkat pemahaman dirinya. Jadi dia bisa terus belajar dan berlatih sendiri meski tak ada guru yang mengajarkannya.

 

Anda bisa mencari buku dengan ciri-ciri ini di toko buku. Atau bisa juga dicari lewat internet di SINI atau di SINI.

 

Barangkali ini saja yang bisa saya sampaikan. Jadi kesimpulannya adalah: Miliki KEMAUAN YANG KUAT, cari METODE YANG TEPAT dalam belajar, dan gunakan buku panduan belajar yang berbahasa Indonesia dan banyak latihannya serta dilengkapi kunci jawaban.

 

Wallahu a’lam.

 

 

Bogor, Sabtu Sore 26 Jumadal Akhiroh 1435H/26 April 2014

 

Muhammad Mujianto al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: