KENAPA BAHASA ARAB TERASA SUSAH?

pusinggAda sebagian orang yang merasa bahwa bahasa Arab itu susah. Bahkan seorang teman pernah mengatakan bahwa di daerahnya ada yang gila gara-gara belajar ilmu Nahwu. Entah benar atau tidak cerita ini, yang jelas inilah yang juga saya rasakan ketika awal-awal belajar bahasa Arab.

 

Dahulu saat awal-awal belajar bahasa Arab, saya pun merasakan hal ini. Saya merasa bahasa Arab itu susah sekali. Saya sudah belajar sekian lama tetap tidak bisa-bisa juga. Padahal saya sudah berusaha keras belajar. Bahkan pernah saya bangun dini hari hanya untuk mengulang pelajaran. Tapi tetap saja saya belum ngerti-ngerti.

Nah, yang jadi pertanyaan sekarang: Kenapa hal ini bisa terjadi? Kenapa banyak orang menyangka bahasa Arab itu susah untuk dipelajari?

 

Kalau menurut pengamatan saya –berdasarkan pengalaman belajar dan mengajar bahasa Arab selama ini- diantara faktor terbesar yang membuat seseorang itu merasa kesulitan belajar bahasa Arab adalah “TIDAK TAU CARANYA”. Mereka tidak tau bagaimana cara belajar bahasa Arab yang efektif. Akibatnya, mereka jatuh pada kesalahan metode belajar yang membuat mereka akhirnya merasa kesulitan dalam belajar bahasa Arab.

 

Saya sering memberi ilustrasi begini. Belajar bahasa Arab (dan belajar apapun) itu seperti orang membelah buah kelapa. Jika orang tidak tau BAGAIMANA CARANYA membelah buah kelapa yang benar, mereka akan merasa kesulitan. Misalnya, mereka membelah buah kelapa seperti orang mengupas mangga atau singkong. Sampai setengah mati pun buah kelapa itu tidak akan terbelah juga.

 

Saya juga pernah punya pengalaman begini. Pernah suatu hari saya mendapat hadiah berupa rak buku yang bisa dibongkar pasang. Awalnya, saya coba iseng-iseng pasang tanpa melihat buku panduan. Ternyata sulit bagi saya untuk memasangnya. Setelah saya baca buku panduannya, maka rak itu pun mudah terpasang.

 

Jadi kesimpulannya, jika kita ingin merasakan kemudahan dalam belajar bahasa Arab, maka kita cari tau dulu CARANYA. Kita cari informasi sebanyak-banyaknya kepada orang yang sudah lebih dulu bisa bahasa Arab. Kita tanyakan kepada mereka: Gimana sih cara belajar bahasa Arab yang efektif? Gimana cara memahami ilmu Nahwu-Shorof yang mudah? Bagaimana cara gampang menghafal kosa kata? Bagaimana……?

 

Jika Antum merasa kesulitan untuk mencari tau cara belajar bahasa Arab yang efektif, silakan baca ebook yang sudah saya tulis berjudul STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB SECARA OTODIDAK. Silakan download GRATIS di SINI: (https://pustakalaka.wordpress.com/2013/09/19/ebook-gratis-silakan-download/).

 

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

 

Selamat belajar bahasa Arab!

 

 

Bogor, Rabu pagi 28 Rajab 1435H/28 Mei 2014

 

Muhammad Mujianto al-Batawie

(Penulis KITAB FAHIMNA)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: